Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menjaga Makanan di Kulkas Tetap Segar Saat Listrik Mati

Kompas.com - 04/10/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemadaman listrik dapat terjadi kapan saja. Bahkan meski telah diberitahukan sebelumnya, tetap saja tak ada persiapan yang dilakukannya. 

Akibatnya, saat listrik padam, rasa panik pasti akan muncul karena berbagai alasan, salah satunya makanan yang disimpan di dalam kulkas dan freezer. Ini adalah kekhawatiran yang wajar. 

Baca juga: 6 Kesalahan Saat Membersihkan Kulkas yang Harus Dihindari

Jika Anda tinggal di tempat yang sering mengalami pemadaman listrik, belilah termometer yang dapat menunjukkan suhu kulkas dan freezer.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), kulkas yang berfungsi baik tidak boleh lebih hangat dari 4 derajat Celsius karena bakteri dapat tumbuh di atas suhu tersebut, yang oleh USDA disebut sebagai "zona bahaya".

Apabila makanan dalam zona bahaya ini didinginkan selama beberapa jam berisiko terkontaminasi penyakit bawaan makanan.

Karena ada batasan berapa lama kulkas tetap dingin setelah listrik padam, ada baiknya Anda menyimpan persediaan makanan yang tidak mudah rusak (yang tidak perlu disimpan di kulkas) di dapur. 

Makanan pokok, seperti makanan kaleng, kacang-kacangan, selai kacang, sup, dan ikan adalah pilihan baik untuk tidak disimpan di dalam kulkas selama pemadaman listrik. 

Terakhir, untuk mengantisipasi pemadaman listrik, buatlah beberapa balok es besar menggunakan wadah bungkus makanan, kantong galon, atau wadah lain yang bisa ditutup untuk dimasukkan ke pendingin. 

Dilansir dari Real Simple, Rabu (4/10/2023), berikut cara menjaga makanan di kulkas tetap segar saat listrik mati

Baca juga: 6 Penyebab Kulkas Tidak Dingin dan Cara Mengatasinya

Aturan empat jam

Ilustrasi kulkas.Shutterstock/Zakharova_Elena Ilustrasi kulkas.
Menurut FoodSafety.gov, makanan segar biasanya dianggap aman disimpan di kulkas hanya sekitar empat jam setelah listrik padam.

Lebih dari itu, USDA menyarankan membuang makanan yang mudah rusak, seperti daging mentah, daging yang sudah dicairkan, telur, saus yang sudah terbuka, dan sayuran hijau.

Selain itu, makanan yang bisa dibuang ke tempat sampah adalah pasta, nasi, dan kentang yang sudah dimasak, susu, saus krim yang sudah dibuka, dan tahu yang sudah dimasak.

Saat listrik tidak menyala, tutuplah pintu kulkas dan freezer sebisa mungkin untuk mencegah udara dingin keluar. 

Baca juga: Cara Membersihkan Karet Pintu Kulkas, Bisa Pakai Pasta Gigi

Simpan makanan yang tidak mudah rusak 

Selanjutnya, cara menjaga makanan di kulkas tetap segar saat listrik mati adalah menyimpan makanan yang tidak mudah rusak. 

Beberapa makanan yang aman disimpan, termasuk keju keras, keju olahan (bukan parut), mentega, buah dan sayuran yang belum dipotong, bumbu terbuka, seperti selai kacang, dan saus yang tidak kental, seperti kecap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com