Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kesalahan Saat Membersihkan Kulkas yang Harus Dihindari

Kompas.com - 03/10/2023, 19:20 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Membersihkan kulkas sebaiknya dilakukan dengan rutin agar kulkas tidak berbau dan tetap rapi.

Selain itu, kulkas yang tidak rutin dibersihkan akan membuat bahan makanan yang disimpan didalamnya cepat rusak dan basi.

Meskipun mudah, namun saat membersihkan kulkas terkadang ada beberapa kesalahan yang tanpa sengaja dilakukan. Dilansir dari House Digest, Selasa (3/10/2023), berikut ini beberapa kesalahan saat membersihkan kulkas.

Baca juga: Hindari, 8 Kesalahan Membersihkan Kulkas yang Sering Dilakukan

Mengabaikan pembersihan rutin

Tidak rutin dibersihkan akan membuat kulkas cepat bau. Aroma tak sedap tah hanya menempel pada kulkas, namun bisa masuk ke dalam masakan, sehingga mempengaruhi rasa makanan tersebut.

Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian kulkas. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan kulkas, membersihkan bagian kulkas.

Selain itu, kulkas juga bisa ditumbuhi jamur yang membuat perlengkapan dapur ini menjadi kurang sehat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya buat jadwal membersihkan kulkas dengan rutin.

Tak hanya membuat kulkas lebih bersih, jadwal pembersihan rutin juga membuat aktivitas membersihkan kulkas menjadi lebih ringan.

Tidak mengosongkan kulkas terlebih dahulu

Kesalahan saat membersihkan kulkas lainnya yaitu tidak mengosongkan kulkas terlebih dahulu. Jika kulkas masih penuh, maka proses pembersihan akan sulit dan membuat kulkas kurang bersih.

Baca juga: Kapan Harus Membersihkan Kulkas? Ini Tanda-tandanya

Oleh karena itu, sebelum dibersihkan kosongkan terlebih dahulu isinya. Sembari mengosongkan kulkas, lakukan juga sortasi isi kulkas tersebut.

Buang bahan makanan atau minuman yang sudah kadaluarsa atau rusak. Selain menyeleksi isi kulkas, Anda juga perlu mengeluarkan laci dan bagian-bagian kulkas lainnya.

Bagian tersebut kemudian perlu dibersihkan satu persatu menggunakan cairan pembersih. Keringkan laci tersebut sebelum dimasukkan kembali ke dalam kulkas.

Terlalu banyak menggunakan bahan kimia

Memberikan kulkas dengan bahan kimia bukanlah ide yang bagus. Sebab, bahan kimia tersebut bisa mengkontaminasi makanan yang disimpan dalam kulkas.

Residu bahan kimia yang tertinggal juga bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Maka dari itu, sebaiknya gunakan bahan alami saat membersihkan kulkas.

Anda bisa menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau di kulkas. Selain itu, untuk menghilangkan noda yang membandel, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan air.

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas Secara Mendalam dan Efektif

Lupa membersihkan segel pintu

Saat membersihkan kulkas, sebaiknya seluruh bagian dibersihkan. Namun, segel pintu menjadi salah satu bagian kulkas yang sering dilupakan.

Ilustrasi karet pintu kulkas.SHUTTERSTOCK/HENADZIPECHAN Ilustrasi karet pintu kulkas.

Padahal, bagian ini rentan dengan kotoran dan jamur. Saat tumpukan kotoran di segel pintu tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan pintu kulkas tidak bisa ditutup dengan rapat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com