Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/08/2023, 20:19 WIB
Siti Nur Aeni ,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kulkas mini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang memiliki ruang terbatas, seperti kos atau apartemen.

Penggunaan listrik pada kulkas mini juga lebih hemat dibanding kulkas berukuran besar. Namun, ada kesamaan antara kulkas biasa dengan kulkas mini, yakni harus rutin dibersihkan untuk mencegah kontaminasi pada makanan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kulkas Mini 

Sebab, kulkas yang kotor dapat menyebabkan aroma tak sedap serta memicu pertumbuhan bakteri.

Mengutip dari Luce Home, Sabtu (5/8/2023), berikut cara membersihkan kulkas mini dengan benar.

Kosongkan kulkas mini

Ilustrasi kulkas mini. SHUTTERSTOCK/SURACHET JO Ilustrasi kulkas mini.

Sebelum dibersihkan, pastikan mengosongkan kulkas mini terlebih dahulu. Isi kulkas dikeluarkan dan pisahkan antara makanan atau minuman yang sudah tidak layak konsumsi dan makanan atau minuman yang masih bisa dikonsumsi.

Sementara itu, sisa makanan yang masih layak konsumsi bisa disimpan dalam wadah tertutup untuk memudahkan penyimpanan.

Lap bagian dalam kulkas

Setelah dikosongkan, lap bagian dalam kulkas mini menggunakan kain kering. Kain tersebut juga bisa digunakan untuk membersihkan permukaan kulkas dari kotoran sisa makanan atau minuman yang menempel.

Baca juga: Ketahui, Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Kulkas Mini 

Pilih pembersih kulkas mini

Membersihkan kulkas mini akan lebih mudah apabila menggunakan pembersih khusus. Ada banyak pilihan pembersih kulkas yang mudah ditemukan, antara lain;

  • Pemutih kain

Pemutih kain ternyata bisa digunakan untuk membersihkan kulkas mini. Sebelum digunakan, pastikan mencampurkan pemutih dalam satu ember air. Takaran tersebut harus sesuai dengan instruksi pada kemasan.

  • Sabun cuci piring

Ilustrasi sabun cuci piring.SHUTTERSTOCK/OLGA MILTSOVA Ilustrasi sabun cuci piring.
Sabun merupakan bahan pembersih yang bisa digunakan untuk membersihkan kulkas mini. Sabun bisa dilarutkan dalam air hangat. Bahan pembersih ini dinilai efektif mengangkat kotoran pada kulkas.

Baca juga: 5 Tips Memilih Kulkas Mini untuk Anak Kos 

  • Cuka putih

Cuka putih juga menjadi bahan alami untuk membersihkan kulkas mini. Cuka mengandung asam asetat yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Campurkan cuka dan air dengan perbandingan (1:1), kemudian gunakan untuk mengangkat noda dalam kulkas tersebut.

  • Baking soda 

Selain cuka putih, baking soda dapat digunakan untuk membersihkan kulkas mini. Campurkan satu sampai dua sendok makan baking soda dalam satu liter air hangat, dan seka permukaan kulkas mini. 

Baking soda juga bisa dicampurkan dengan air panas dan sabun cuci piring. Bahan-bahan ini dapat mengangkat noda dalam kulkas lebih mudah.

Baca juga: 5 Cara Tepat Membersihkan Kulkas, Dijamin Kembali Bersih dan Bebas Bau 

Membersihkan rak dan laci kulkas

Bagian laci atau rak kulkas juga perlu dibersihkan. Gunakan spons atau sikat untuk membersihkan noda membandel pada rak dan laci kulkas.

Jangan lupa umembersihkan sudut kulkas mini agar kotoran tidak mengerak.

Keringkang kulkas

Setelah dibersihkan, tahapan terakhir adalah mengeringkan bagian dalam kulkas mini. Gunakan lap kering dan bersih untuk membersihkan permukaan dalam dan pintu kulkas.

Terakhir, letakkan kembali rak atau laci beserta isinya. Pastikan menata makanan dan minuman dengan rapi agar lebih mudah saat mengambilnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com