Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Memperbarui Kamar Mandi Tanpa Membeli Barang Baru

Kompas.com - 04/01/2024, 10:26 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memperbarui kamar mandi tidak selalu mengeluarkan biaya.  Faktanya, kamar mandi adalah ruangan yang sangat mudah dibuat terasa berbeda hanya dengan beberapa kali pergantian.

Ini mungkin terdengar agak membatasi, tetapi sebenarnya tidak banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam hal dekorasi di kamar mandi.  

Baca juga: 6 Ide Kamar Mandi Bergaya Skandinavia, Cantik dan Menarik

Namun, bagaimana cara memperbarui kamar mandi tanpa harus membeli barang baru?

Saat memperbarui ruangan apa pun tanpa membeli sesuatu yang baru, kuncinya biasanya adalah "berbelanja" di rumah Anda sendiri.

Sesuatu yang tidak Anda lihat lagi di satu ruangan dapat sangat membantu mengangkat ruangan lain. Sesuatu yang kecil, seperti cahaya, dapat memberikan perubahan pada kamar mandi, mengubah ruangan dari steril menjadi nyaman. 

Untu membantu Anda, berikut cara memperbarui kamar mandi tanpa membeli barang baru dilansir dari Homes and Gardens, Kamis (4/1/2024).  

Baca juga: 6 Ide Dekorasi Kamar Mandi dengan Warna Kuning

Mulai dengan pembersihan 

Ilustrasi kamar mandi berwarna coralShutterstock/ImageFlow Ilustrasi kamar mandi berwarna coral
Ini bukan langkah yang glamor, tetapi memiliki kamar mandi yang bersih dan rapi adalah cara paling sederhana membuat ruangan terasa segar serta diperbarui tanpa harus membeli barang baru.

Kathy Kuo, desainer Interior dan CEO Kathy Kuo Home, mengatakan pertama-tama membersihkan kamar mandi secara menyeluruh.

"Itu adalah penyegaran paling utama, hal yang sama berlaku untuk mengatur tas riasan atau berbagai macam produk mandi Anda," saran Kathy Kuo.

Hal termudah yang dapat dilakukan untuk memperbarui kamar mandi tanpa membeli barang baru adalah merapikan dan mengatur, menyembunyikan semuanya.

Shelby Van Daley, desainer interior dari Daley Home, menambahkan memaksimalkan penyimpanan kamar mandi yang Anda miliki di kamar mandi saat ini dan luangkan waktu membuang barang-barang yang tidak digunakan.

Sederhanakan dan manfaatkan lemari dan lemari linen untuk merapikan kamar mandi. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Lantai Kamar Mandi dan Dapur yang Antilicin

Ganti dekorasi dinding dari ruangan lain 

Selanjutnya, cara memperbarui kamar mandi tanpa membeli barang baru adalah mengganti dekorasi dinding dari ruangan lain. 

Dekorasi adalah satu-satunya cara memperbarui kamar mandi tanpa membeli sesuatu yang baru. Jadi, lihatlah sekeliling rumah Anda untuk melihat apakah dapat menukar beberapa karya seni atau mungkin mengambil cangkir baru untuk tempat sikat gigi. Perubahan kecil ini bisa berdampak besar. 

"Mungkin Anda memiliki cermin dinding atau karya seni di bagian lain rumah yang perlu diubah. Cobalah memadukan dekorasi dinding dari ruangan lain untuk memberikan tampilan segar pada dinding kamar mandi," saran Kathy. 

Baca juga: 10 Barang yang Tidak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, Apa Saja?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com