Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Seprai Dapat Bertahan? Ini Cara Memperpanjang Umurnya

Kompas.com - 18/12/2023, 19:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tempat tidur dapat bertahan lebih lama, tetapi tidak demikian dengan seprai. Seprai dapat bertahan selama beberapa tahun, tergantung pada frekuensi penggunaan dan rutinitas pembersihan.

Namun, banyak juga yang bergantung pada kualitas bahannya. Merotasi antara set seprai dan menjaga penyimpanan yang tepat dapat menjaga seprai dari tanda-tanda penggantian, seperti perubahan warna, penipisan, dan kerutan. 

Baca juga: Catat, Cara Merawat Seprai Agar Lebih Tahan Lama

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Senin (18/12/2023), sejumlah para ahli membagi pendapat mereka tentang berapa lama seprai dapat bertahan dan kiat-kiat memperpanjang masa pakainya.

Rex Isap, CEO dan ahli tempat tidur di Happy Beds—peritel online untuk tempat tidur dan perabot kamar tidur—mengatakan seprai umumnya memiliki masa pakai dua hingga lima tahun dipengaruhi perawatan, tenunan, dan bahan. 

Namun, Parima Ijaz, pendiri dan CEO Pure Parima—penjual tempat tidur mewah—mengatakan seprai mewah tertentu, seperti katun Mesir, dapat bertahan selama 10 tahun atau lebih.

"Umur seprai benar-benar tergantung pada kualitas, bahan, penggunaan, dan perawatan, kata Ijaz.

Jika memilih seprai berkualitas tinggi dan merawatnya dengan benar sesuai dengan petunjuk perawatannya, Anda dapat memiliki tempat tidur yang dapat diandalkan dan tahan lama yang akan menemani tidur nyenyak pada malam-malam berikutnya. 

Karena banyak faktor yang menentukan masa pakai seprai, terbaik adalah membelinya dengan mempertimbangkan jangka waktu yang diinginkan.

"Beberapa kain, seperti linen dan poliester, tidak dapat bertahan baik setelah beberapa kali pencucian dan dapat mulai memburuk lebih cepat sehingga perlu diganti," kata Ijaz.

Membeli seprai dengan mempertimbangkan bahan, tenunan, dan petunjuk perawatan dapat membantu Anda memutuskan apakah harganya sebanding dengan nilainya. 

Baca juga: Catat, Ini Bahan Seprai Terburuk dan Terbaik untuk Tidur

Faktor-faktor yang menentukan berapa lama seprai dapat bertahan

  • Perawatan dan pembersihan 

Ilustrasi seprai putih.Shutterstock/World_of_Textiles Ilustrasi seprai putih.
Setiap set seprai dilengkapi petunjuk perawatan yang hanya sedikit orang membacanya. Jenis detergen, pengaturan suhu, dan petunjuk pengeringan dapat sangat bervariasi antara satu set seprai dengan yang lainnya.

Cara terbaik adalah mengikuti langkah-langkah yang direkomendasikan untuk mendapatkan hasil maksimal dari seprai Anda.

  • Frekuensi penggunaan 

Selanjutnya, faktor berapa lama seprai dapat bertahan adalah frekuensi penggunaan. Banyak hal tergantung pada seberapa sering Anda tidur di atas seprai.

Apakah Anda seorang yang sering bepergian atau menyimpan banyak set seprai dalam rotasi berat, penggunaan dan frekuensi pencucian Anda sangat mempengaruhi berapa tahun seprai tersebut bertahan. 

Baca juga: Cara Melipat Seprai dengan Mudah dan Cepat

  • Jumlah benang

Jumlah benang mengacu pada jumlah benang per inci persegi kain. Jumlah ini memainkan peran penting dalam menentukan kualitas kain.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com