Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/09/2023, 12:00 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSeprai berwarna putih bisa membuat kamar terasa lebih luas dan cerah. Warna ini juga cocok dipadukan dengan daya interior apapun.

Meski demikian, seprai putih cenderung lebih cepat kusam dan saat kotoran lebih mudah terlihat, sehingga membuat tampilan seprai kurang menarik.

Seiring berjalannya waktu, warna putih pada seprai juga akan kusam dan menguning. Kondisi tersebut bisa semakin parah apabila seprai tidak dibersihkan dengan benar.

Baca juga: 8 Cara Mencuci dan Menyimpan Seprai Putih agar Tidak Menguning

Lantas, bagaimana cara mencuci seprai putih yang benar? Dilansir dari Parachute Home, Sabtu (30/9/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Cara mencuci seprai menggunakan boraks

Boraks atau natriums borat adalah mineral alami berupa zat tepung yang mengandung garam, boron, dan oksigen. Mineral ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan seprai putih agar terlihat lebih cerah.

Ilustrasi seprai putih.Shutterstock/Papzi555 Ilustrasi seprai putih.

Caranya dengan merendam seprai dalam air hangat. Jangan gunakan air dingin karena boraks hanya akan bekerja maksimal bila dipadukan dengan air hangat.

Kemudian, tambahkan boraks dan biarkan seprai terendam selama semalaman. Selanjutnya, cuci seprai seperti biasa menggunakan detergen. Bilas sampai semua bersih dan harum.

Cara membersihkan seprai putih menggunakan soda kue dan cuka

Selain menggunakan boraks, bahan dapur seperti soda kue dan cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan seprai putih. Sebelum seprai dicuci, isi terlebih dahulu mesin cuci dengan air dingin atau hangat.

Baca juga: 4 Cara Mencerahkan Seprai Putih yang Kusam Tanpa Pemutih

Kemudian tambahkan soda kue ke dalam drum mesin cuci. Tuangkan juga cuka ke dalam dispenser pelembut kain sampai tanda batas pada tempat tersebut.

Lalu, masukkan seprai ke dalam trum, tambahkan deterjen dan jalankan mode pencucian normal. Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan merendam seprai dalam larutan cuka dan soda kue selama beberapa ja, .

Kemudian, cuci dan bilas dengan air bersih. Untuk menghilangkan aroma asam dari cuka, Anda bisa mengering anginkan seprai sampai aroma asam hilang.

Mencuci menggunakan air lemon

Air lemon merupakan bahan alami yang bisa digunakan untuk mencuci seprai putih. Sebab, air lemon mengandung asam sitrat yang merupakan pemutih alami.

Cara mencuci seprai putih menggunakan air lemon cukup dengan menuangkan air lemon bersama dengan detergen ke dalam mesin cuci. Lalu, masukkan seprai putih yang akan dicuci dan jalankan mesin cuci seperti mencuci pakaian pada umumnya.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Seprai Putih yang Menguning

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan air lemon dengan air hangat. Lalu, rendam seprai dalam larutan tersebut selama beberapa jam atau semalaman.

Ilustrasi seprai putih.Shutterstock/World_of_Textiles Ilustrasi seprai putih.

Kemudian, cuci seprai dalam mesin cuci sampai seprai benar-benar bersih.

Cara mengeringkan seprai putih

Selain memperhatikan cara mencucinya, pengeringan seprai juga perlu dilakukan dengan benar agar warnanya tidak berubah. Untuk mengeringkan seprai putih, Anda bisa menggunakan mesin pengering biasa.

Namun, usahakan untuk tidak mengisi mesin terlalu penuh. Tujuannya untuk mencegah terjadinya lilitan dan membuat kain mengembang saat kering.

Perhatikan juga mode pemanas yang digunakan. Jangan gunakan panas yang ekstrem karena suhu tinggi bisa merusak serat tekstur dan membuat warna putih memudar.

Baca juga: Simak, Manfaat Mencuci Seprai Putih dengan Air Perasan Lemon

Alternatif pengeringan seprai putih bisa dilakukan dengan menggunakan bola pengering dari wol. Selain itu, Anda bisa menjemur seprai di area yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com