Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kesalahan Saat Membeli Seprai yang Harus Dihindari

Kompas.com - 26/09/2023, 22:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comSeprai adalah kain yang dibentangkan di atas kasur. Seprai berfungsi untuk melindungi kasur dari kotoran dan memberikan kenyamanan saat Anda tidur di kasur tersebut.

Selain itu, ada juga yang menjadikan seprai sebagai elemen dekorasi kamar. Maka dari itu, pemilihan seprai harus dilakukan dengan benar agar mendapatkan seprai yang berkualitas.

Sayangnya, tak semua orang memiliki kemampuan untuk memilih seprai berkualitas. Dilansir dari Designing Idea, Selasa (26/9/2023), berikut ini beberapa kesalahan saat membeli seprai yang harus dihindari.

Baca juga: Simak, 6 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Seprai Baru

Mengabaikan jenis kain

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan orang saat membeli seprai yaitu tidak memperhatikan jenis kain seprai tersebut. Kesalahan ini bisa menyebabkan seprai tidak tahan lama, tidak nyaman saat digunakan, dan membuat tidur menjadi tidak berkualitas.

Ilustrasi seprai tempat tidur. SHUTTERSTOCK/ROBINIMAGES2013 Ilustrasi seprai tempat tidur.

Pemilihan jenis kain sebaiknya disesuaikan dengan musimnya. Misalnya, saat seprai akan digunakan saat musim kemarau, maka sebaiknya pilih seprai yang terbuat dari kain ringan dan adem, seperti linen dan katun.

Sedangkan, apabila seprai akan digunakan saat musim hujan, sebaiknya pilih seprai yang tebal dan bisa menahan panas seperti flanel. Dengan demikian, Anda akan merasa hangat saat tidur di atas seprai tersebut.

Jika Anda tidak mengetahui jenis-jenis kain seprai, maka Anda bisa langsung bertanya kepada penjual seprai.

Baca juga: 4 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Membeli Seprai

Tidak mempertimbangkan kebiasaan tidur

Siapa sangka jika kebiasaan tidur ternyata sangat mempengaruhi proses pemilihan seprai. Misalnya, apabila Anda senang tidur tengkurap, maka sebaiknya pilih seprai yang teksturnya lembut dan bisa menyerap keringat.

Jika Anda tidur telentang, maka pilih seprai yang lembut saat disentuh. Sedangkan, jika Anda memiliki kebiasaan tidur menyamping, maka sebaiknya pilih seprai yang bisa menyangka badan agar tidur semakin nyaman.

Memilih ukuran yang salah

Kesalahan saat membeli seprai lainnya yaitu salah memilih ukuran. Pastikan ukuran seprai sesuai dengan ukuran kasur yang dimiliki.

Apabila seprai terlalu kecil, maka seprai akan sulit dipasang dan mudah terlepas. Sementara itu, seprai yang terlalu besar membuat permukaan tempat tidur menumpuk dan berkerut di beberapa area.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Seprai Baru

Ketidaksesuaian antara ukuran seprai dengan kasur membuat Anda kurang nyaman saat menggunakan kasur tersebut.

Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit. SHUTTERSTOCK/TRAVELPIXS Ilustrasi seprai dan bed cover di kamar tidur sempit.

Kualitas warna

Ada beberapa seprai yang warnanya mudah luntur. Tentu saja hal ini membuat seprai kurang estetik dan lunturan warnanya bisa mengenai pakaian atau kain lain.

Oleh karena itu, saat membeli seprai, perhatikan kualitas warnanya. Sementara itu, untuk menjaga kualitas warna seprai yang sudah dimiliki, sebaiknya jangan cuci menggunakan detergen yang keras dan jangan jemur di bawah sinar matahari langsung.

Tidak membaca petunjuk perawatan

Kesalahan saat membeli seprai lainnya yaitu tidak membaca petunjuk perawatan. Perlu dipahami bahwa perawatan seprai berbeda dengan pakaian.

Baca juga: Cara Mencuci dan Menghilangkan Ragam Noda pada Seprai

Perawatan seprai yang salah bisa menyebabkan warna seprai pudar, rusak, dan kusut. Oleh karena itu, sebelum membelinya, pastikan untuk mempelajari petunjuk perawatannya terlebih dahulu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com