Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Kecoak Pakai Bahan yang Ada di Rumah

Kompas.com - 06/12/2023, 12:48 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kecoak merupakan salah satu hama rumah yang mengganggu. Hama ini membuat kita merasa tidak nyaman dan jijik.

Kemunculan kecoak di rumah bisa disebabkan karena kondisi lembap, gelap, dan hangat. Rumah yang berantakan juga menjadi pemicu kecoak bersarang di dalam rumah.

Jika tidak segera diatasi, kecoak akan membuat rumah beraroma tak sedap dan tidak menutup kemungkinan menyebarkan penyakit yang berbahaya untuk kesehatan.

Dikutip dari Apartment Therapy, Rabu (6/12/2023), berikut cara mengusir kecoak menggunakan bahan yang ada di rumah.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoa Menggunakan Deterjen

Menggunakan soda kue dan gula

Ilustrasi kecoakSHUTTERSTOCK/LUIS2499 Ilustrasi kecoak

Bahan dapur seperti soda kue dan gula ternyata bisa digunakan untuk mengusir kecoak. Lynn Kimsey, PhD, ahli entomologi dari University of California, mengatakan bahwa gula bisa menarik kecoak.

Kamu bisa mencampurkan soda kue dan gula dengan perbandingan yang sama. Kemudian, letakkan di lokasi yang sering dilalui kecoak.

Menyemprotkan larutan sabun cuci piring dan air

Selain menggunakan soda kue dan gula, kamu juga bisa menggunakan sabun cuci piring dan air. Campurkan sabun cuci piring dan air dalam botol semprot.

Baca juga: 10 Cara Membasmi Kecoa Tanpa Racun

Kemudian, semprotkan larutan sabun beberapa kali saat melihat kecoak. Cara ini akan semakin efektif, apabila kecoak masuk ke mangkuk berisi air sabun.

Sebab, sabun cuci piring merupakan surfaktan yang akan merusak tegangan air sehingga mempercepat kecoak tenggelam.

Semprotkan pelembut kain dan air

Selain menggunakan sabun cuci piring, kamu juga bisa menggunakan pelembut kain dan air untuk mengusir kecoak. Caranya dengan mencampurkan pelembut kain dan air dalam botol semprot.

Setelah itu, semprotkan larutan tersebut saat kamu melihat kecoak. Meski bisa mengusir kecoak, cara ini kurang efektif. Bahkan, populasi kecoak yang diatasi juga tidak banyak.

Tips mencegah kecoak masuk ke rumah

Kecoak akan banyak ditemukan pada lingkungan yang kotor dan lembap. Maka dari itu, sebelum terlambat sebaiknya segera lakukan upaya pencegahan agar kecoa tidak bersarang di dalam rumah.

Baca juga: 6 Tips Mencegah Kecoa Masuk ke Rumah

Ilustrasi kecoak.SHUTTERSTOCK / Pasonglit Junuan Ilustrasi kecoak.

Menurut penjelasan di Livspace, berikut ini tips mencegah kecoak masuk ke rumah.

  • Jangan biarkan piring kotor bertumpuk di wastafel

Salah satu penyebab munculnya kecoak di rumah yaitu karena ada tumpukan piring kotor di wastafel.

Jika tidak ingin rumah penuh kecoak, sebaiknya segera cuci piring kotor setelah makan. Jangan sampai piring kotor bertumpuk di wastafel atau area lain di dalam rumah.

  • Rutin mengosongkan tempat sampah

Tempat sampah menjadi area yang disukai kecoak. Maka dari itu, penting untuk mengosongkan tempat sampah.

Baca juga: Cara Ampuh Basmi Kecoa di Rumah

Jangan biarkan tempat sampah penuh dan meluap. Selain menjadi rumah bagi kecoak, tempat sampah yang meluap juga bisa mengeluarkan aroma tak sedap.

  • Bersihkan makanan yang jatuh ke lantai

Selain tempat sampah, kecoak juga menyukai remahan makanan yang jatuh ke lantai. Maka dari itu, jangan biarkan ada sisa makanan yang berceceran. Segeralah untuk membersihkan makanan yang jatuh ke lantai dan membuangkan ke tempat sampah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com