Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Rumah Kecil Terlihat Mewah tanpa Menguras Kantong

Kompas.com - 22/11/2023, 09:47 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah kecil memiliki ukuran atau luas yang terbatas, yang sering kali membuat kesulitan untuk menata. 

Namun, bukan berarti rumah kecil tidak bisa terlihat mahal dan menarik. Berapapun ukuran rumah perlu membuatnya terlihat cermat sehingga bisa menghasilkan ruang yang terasa modern, mewah, serta enak dipandang. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Rumah Kecil Terlihat Menarik

Membuat rumah kecil terlihat mewah bergantung pada pemilihan bahan dan dekorasi yang bijaksana serta menghindari apa pun yang membuat rumah terlihat murahan.

Detail-detail ini dapat menciptakan gaya kelas atas yang Anda inginkan. Hal yang juga penting adalah pengaturan furnitur di dalam ruangan dan menghindari kepadatan. Cara-cara membuat rumah terlihat mewah ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa menguras kantong. 

Nah, dilansir dari Homes and Gardens, Rabu (22/11/2023), berikut cara membuat rumah kecil terlihat mewah.

Ciptakan kedalaman untuk kemewahan 

Ilustrasi ruang tamu kecil.UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang tamu kecil.
Mari memulai dari ruangan per ruangan karena bagaimanapun juga, jika membuat rumah kecil terlihat mewah, efek keseluruhannya akan sangat berdampak. Hal ini bisa dilakukan dengan penempatan furnitur secara cermat.

"Saat bekerja di rumah dengan ruang lebih sempit, penting melapisi secara mendalam dan menghindari memenuhi ruang meski Anda sangat menginginkannya," kata Dustin Gerken, desainer interior dari Dustin Gerken Design.

Salah satu komoditas paling berharga dalam sebuah hunian adalah ruang lantai. Gunakan ilusi kedalaman spasial untuk keuntungan Anda dengan menarik furnitur dari dinding untuk menambahkan bayangan serta gradien pada dinding di belakangnya.

Terlepas dari semua perabotan dan penggunaan yang berbeda, perhatikan ruang lantai yang bersih untuk memperoleh efek kemewahan dengan mudah.  

Baca juga: 5 Ide Ruang Penyimpanan di Rumah Kecil Menurut Para Ahli

Pikirkan kain mewah 

Selanjutnya, cara membuat rumah kecil terlihat mewah adalah menggunakan kain mahal. Jika ingin membuat ruang makan atau dapur terlihat lebih mahal, salah satu cara nyata adalah memakai kain pelapis.

Ini akan bekerja untuk membuat dapur kecil dan ide ruang makan kecil terlihat mahal.

Meski ruang makan hanya cukup untuk dua, tiga, atau empat kursi makan, bahkan kursi bar, kain mahal ini masih bisa memberi kesan.

Artem Kropovinsky, desainer interior dari Arsight, mengatakan kursi sering diabaikan dalam hal dekorasi, padahal bisa membuat perbedaan besar pada tampilan ruang. 

"Anda bisa memberikan tampilan lebih mewah pada kursi dengan melapisinya memakai kain beludru atau velvet, kulit, atau mengecatnya dengan warna berani atau metalik.  

Baca juga: Panduan Membeli Furnitur untuk Rumah Kecil

Tentukan pinggirannya

Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga kecil bergaya minimalis.
Jika menginginkan tampilan mewah di rumah kecil, menurut Peter Spalding, desainer interior, salah satu pendiri, dan Chief Creative Officer di Daniel House Club, ada satu hal yang harus dihindari. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com