Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2023, 10:27 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah bergaya minimalis dikenal dengan desain yang sederhana dan fungsional.

Meski demikian, bukan berarti rumah minimalis tidak bisa tampil menarik. Salah satu kunci membuat rumah minimalis tampak menarik adalah menggunakan cahaya yang tepat. 

Baca juga: 5 Barang Ini Harus Disingkirkan dari Dapur Minimalis, Kenapa?

Pencahayaan yang tepat membuat ruangan terlihat lebih memukau, luas, serta terang. Di samping itu, pencahayaan yang tepat dapat menciptakan suasana nyaman dan hangat.

Dikutip dari Living Etc, Kamis (16/11/2023), berikut lima ide pencahayaan untuk rumah minimalis.

Buat ilusi dengan dinding

Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil. Shutterstock/metamorworks Ilustrasi ruang keluarga minimalis atau kecil.
Salah satu trik pencahayaan ruang tamu minimalis adalah menyembunyikan sumber cahaya di balik dinding. Teknik ini dapat menciptakan ilusi bahwa ruangan lebih luas dan lebih terang.

Dengan menyembunyikan sumber cahaya di balik layar melengkung, Anda dapat menciptakan kesan bahwa pencahayaan berasal dari dinding itu sendiri serta menciptakan efek cahaya yang lebih lembut dan tersebar. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dihindari Saat Mendekorasi Ruang Tamu Minimalis

Gunakan lampu sconce pahatan

Ide menggunakan lampu sconce pahatan yang menyembunyikan sumber cahaya dan menyatu dengan dinding dapat membuat rumah minimalis tampak menarik.

Lampu sconce ini dapat memberikan tampilan lebih minimalis dan menyatu dengan elemen arsitektur ruangan. Desain lampu sconce yang unik dan menarik ini dapat menambahkan elemen dekorasi yang dapat meningkatkan daya tarik estetika rumah minimalis.

Pencahayaan yang dirancang khusus

Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.Shutterstock/Ground Picture Ilustrasi ruang keluarga bergaya minimalis.
Selanjutnya, ide pencahayaan untuk rumah minimalis adalah menggunakan pencahayaan yang dirancang khusus Hal ini dapat menciptakan tampilan lebih mulus dan menyatu dengan elemen arsitektur dalam ruangan tersebut.

Selain itu, menggunakan perlengkapan pencahayaan yang memiliki desain unik dan menarik dapat menambahkan elemen dekorasi yang dapat meningkatkan daya tarik estetika dalam ruangan. 

Baca juga: 5 Barang yang Tidak Boleh Berada di Pintu Rumah Minimalis, Kenapa?

Menerangi plafon 

Anda dapat menciptakan tampilan lebih menyebar jika menerangi ruangan melalui plafon. Hal ini dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman dan mengundang.

Cahaya yang menerangi plafon dapat menciptakan bayangan dan kontras yang dapat membuat ruangan terasa lebih hidup,serta menciptakan efek dramatik. 

Baca juga: Bikin Rumah Jadi Minimalis dan Estetik, Perhatikan Pilihan Furniturnya

Gabungkan dengan karya seni

Terakhit, ide pencahayaan untuk rumah minimalis adalah menggabungkan pencahayaan dan karya seni, seperti lukisan. Hal ini dapat menciptakan tampilan lebih menarik di rumah minimalis karena membuat kesan yang personal.

Pilih perlengkapan pencahayaan yang sesuai dengan gaya dekorasi ruangan dan yang akan memberikan tampilan yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com