Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/08/2023, 16:39 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Tampilan rumah minimalis adalah impian bagi banyak orang. Namun, perlu diingat bahwa untuk mewujudkan rumah minimalis, mentalitas less is more adalah keharusan.

Akan tetapi, ada lebih dari sekadar memiliki lebih sedikit barang di rumah. Minimalisme adalah gaya hidup yang bertumpu pada fondasi kesengajaan dengan cara Anda mendekorasi.

Rumah minimalis adalah tentang mengelilingi diri Anda dengan barang-barang yang Anda butuhkan, gunakan, dan cintai, dan singkirkan kelebihannya, kata ahli penataan rumah Shira Gill, dikutip dari My Domaine, Rabu (9/8/2023).

Baca juga: 11 Inspirasi Kamar Tidur Minimalis Skandinavia, Nyaman dan Bersih

Ilustrasi ruang tamu minimalis yang menggunakan plafon rumah dengan cat putihShutterstock Ilustrasi ruang tamu minimalis yang menggunakan plafon rumah dengan cat putih

Kesalahpahaman utama tentang rumah minimalis adalah membutuhkan lebih sedikit pemikiran, menurut Melissa Lee, pendiri dan direktur kreatif Bespoke Only.

Sebaliknya, dibutuhkan lebih banyak pertimbangan untuk memilih furnitur yang lebih sedikit, karena semuanya harus memiliki tujuan dengan mempertimbangkan desain dan fungsi, tutur Lee.

Berikut beberapa cara menciptakan tampilan rumah minimalis.

1. Mulailah dengan alasan

Jika Anda menginginkan tampilan rumah minimalis, langkah pertama adalah memulai dengan “mengapa," tutur Helen Youn, konsultan KonMari bersertifikat tingkat master.

Baca juga: 5 Ide Desain Kamar Mandi Minimalis yang Nyaman Seperti Spa

Pikirkan mengapa Anda ingin memiliki rumah minimalis dan pertimbangkan bagaimana rumah dapat mendukung Anda untuk menjalani kehidupan tersebut, saran Youn.

Ketika Anda memiliki visi yang jelas tentang kehidupan yang Anda inginkan dan mencapai nilai-nilai inti Anda, itu akan memberi Anda kejelasan tentang barang mana yang harus disimpan dan mana yang harus dilepaskan, imbuh dia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com