Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Serah Terima Rumah

Kompas.com - 29/10/2023, 16:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah baru adalah salah satu pencapaian besar dalam kehidupan.

Sebelum rumah menjadi milik Anda seutuhnya dan diterima secara sah, ada beberapa langkah penting yang perlu diambil, salah satunya proses serah terima rumah

Baca juga: Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membeli Rumah?

Serah terima adalah saat kunci fisik hunian diserahkan kepada pemilik sah rumah tersebut.  Namun, sebelum mengambil langkah tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diperiksa untuk memastikan rumah tersebut memenuhi standar kualitas serta spesifikasi yang dijanjikan.

Gravel—perusahaan teknologi yang bergerak di bidang jasa konstruksi—membagikan sejumlah hal yang perlu diperhatikan sebelum serah terima rumah baru dalam siaran persnya kepda Kompas.com, Minggu (29/10/2023). 

Dokumen dan kontrak 

Ilustrasi membeli rumah, aplikasi pembelian rumah, KPR online.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi membeli rumah, aplikasi pembelian rumah, KPR online.
Periksa semua dokumen pembelian rumah, terutama akta kepemilikan, akta jual beli, dan perjanjian tertulis lainnya yang telah Anda tandatangani.

Pastikan dokumen tersebut sesuai kesepakatan dan tidak ada ketidaksesuaian yang mencolok. Selain itu, lakukan pemeriksaan janji pemilik sebelumnya atau pengembang terkait peralatan dan fasilitas yang harus ada dan berfungsi.

Apabila terdapat perbedaan antara kontrak dan kenyataan di lapangan, Anda berhak meminta spesifikasi sesuai kontrak, pastikan hal ini diskusikan dengan pihak berwenang sebelum serah terima. 

Baca juga: 8 Tips Membeli Rumah Menurut Feng Shui, Jangan Dekat Kuburan

Kualitas bangunan 

Lakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kualitas bangunan, termasuk dinding, atap, lantai, dan plafon. Perhatikan apakah ada kerusakan atau retakan yang signifikan.

Periksa juga instalasi listrik, air, dan gas. Cobalah saklar, stop kontak, dan keran air untuk memastikan semuanya berfungsi baik.

Selain itu, cek kualitas finishing rumah, termasuk cat dinding, lantai, keramik, dan perabotan yang telah dijanjikan dalam kontrak.

Drainase dan sanitasi

Drainase yang efisien sangat penting mencegah masalah kebocoran dan kerusakan akibat genangan air. Periksa saluran air, saluran pembuangan, dan kloset untuk memastikan semuanya berfungsi  baik.

Pastikan tidak ada masalah kebocoran atau penyumbatan yang dapat mengganggu kenyamanan di rumah baru. Pemeriksaan ini mencegah masalah buruk yang timbul pada masa depan. 

Baca juga: 4 Tanda Bahaya yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Rumah

Izin dan sertifikat

Sebelum menerima kunci rumah, pastikan rumah telah memenuhi semua peraturan dan perizinan yang diperlukan.

Anda harus menerima semua sertifikat yang sesuai, seperti sertifikat izin mendirikan bangunan (IMB), sertifikat lingkungan, atau sertifikat lain yang diperlukan sesuai regulasi daerah.

Izin dan sertifikat yang lengkap ini memberikan kepastian bahwa rumah dibangun dan dioperasikan secara sah. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah di Luar Kota? Pertimbangkan 6 Hal Ini Dulu

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com