Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Gegabah, 5 Hal Ini Perlu Diketahui Saat Membeli Rumah Pertama

Kompas.com - 02/03/2023, 08:15 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli rumah pertama adalah salah satu usaha sekaligus pencapaian paling menyenangkan dalam hidup.

Namun, hal ini juga bisa sangat menegangkan serta penuh suka dan duka. Selain itu, berbeda dengan benda lainnya, membeli rumah bukan hal mudah, terlebih bila baru pertama kali. 

Baca juga: Ingin Membeli Rumah? Hati-hati dengan Trik Mengelabui Ini 

Ada banyak hal yang harus dipersiapkan dengan matang, termasuk dana dan waktu yang panjang, untuk memastikan proses membeli rumah pertama berjalan sukses. 

Tak jarang, hal ini membuat pembeli melakukan banyak kesalahan, terlebih bila tidak mempersiapkan dengan baik sebelumnya.

Namun, dengan wawasan dan persiapan tepat, Anda dapat menghindari beberapa kesalahan umum dan menemukan rumah impian dengan sedikit stres dan kerepotan, bahkan di pasar yang penuh tantangan. 

Nah, dilansir dari Better Homes and Gardens, Kamis (3/2/2023), berikut sejumlah hal yang perlu diketahui saat membeli rumah pertama kali. 

Baca juga: Membeli Rumah Jadi Vs Membangun, Manakah yang Lebih Baik?

Mengatur keuangan Anda

Ilustrasi membeli rumah baruShutterstock Ilustrasi membeli rumah baru
Menilai keuangan Anda serta mencari tahu bagaimana cara menabung untuk uang muka dan menganggarkan dana untuk pembelian rumah bisa menjadi hal menakutkan.

Di situlah, pertemuan dengan pemberi pinjaman untuk mendapatkan pra-persetujuan dapat memberi Anda titik awal.

Jika sudah memiliki agen real estate, Anda bisa meminta saran broker kepada mereka. Teman dan keluarga juga dapat menyarankan sumber yang tepat. 

Gaetano Marra, broker dan pemilik Better Homes and Gardens Real Estate, menyarankan berbicara setidaknya dengan dua broker karena harga dan biaya dapat bervariasi. 

Ada banyak cara menghitung jumlah rumah yang dapat Anda beli, tapi Marra menyarankan memastikan biaya perumahan tidak melebihi 25 persen dari penghasilan Anda.

"Cara bijak menghitung kemampuan pembeli adalah menggunakan 25 persen dari penghasilan mereka untuk membayar cicilan KPR, termasuk pembayaran pokok, bunga, pajak, dan asuransi," ucap Marra.

Setelah tahu kemampuan Anda, konsultasi dengan pemberi pinjaman tentang cara menabung untuk uang muka.

Beberapa pinjaman mungkin mensyaratkan uang muka antara 3 hingga 25 persen, sedangkan beberapa pinjaman lainnya tidak mensyaratkan uang muka. Anda harus mencari tahu mana yang memenuhi syarat untuk melanjutkan proses membeli rumah pertama. 

Baca juga: Ragam Faktor yang Harus Dipertimbangkan Saat Membeli Rumah

Memilih agen real estate

Ilustrasi membeli rumah, pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR). SHUTTERSTOCK/ALEXANDER RATHS Ilustrasi membeli rumah, pengajuan kredit pemilikan rumah (KPR).
Memilih agen real estate sering kali paling baik dilakukan dari mulut ke mulut. Tanyakan kepada teman dan keluarga siapa yang telah mereka gunakan dan seberapa puas. Ini cara terbaik mengukur kemampuan agen dan melihat apakah Anda cocok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com