Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/10/2023, 11:30 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang paling sering digunakan di rumah sehingga rentan kotor dan berantakan, yang membuatnya perlu dibersihkan secara rutin, 

Namun, membersihkan kamar mandi tanpa jendela dapat menjadi tantangan karena kurangnya ventilasi dapat menyebabkan udara menjadi lembap dan pengap. 

Baca juga: 5 Warna yang Tidak Boleh Digunakan di Kamar Mandi

Kondisi ini dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri dan jamur, berisiko buruk pada kesehatan, serta kerusakan di kamar mandi. 

Karena itu, penting membersihkan kamar mandi tanpa jendela secara rutin dan tepat demi menjaganya tetap bersih, segar, juga bebas jamur.

Dilansir dari Homes and Gardens, Selasa (24/10/2023), berikut lima aturan membersihkan kamar mandi tanpa jendela

Gunakan exhaust fan atau dehumidifier 

Ilustrasi exhaust fan kamar mandi. SHUTTERSTOCK/SEMIGLASS Ilustrasi exhaust fan kamar mandi.
Ventilasi yang baik adalah kunci menjaga kamar mandi tanpa jendela tetap bersih dan segar. Menggunakan exhaust fan adalah cara efektif meningkatkan ventilasi di kamar mandi tanpa jendela.

Exhaust fan membantu menarik udara lembap keluar dari ruangan dan menggantikannya dengan udara segar. Anda juga dapat menggunakan dehumidifier untuk membantu mengurangi kelembapan di kamar mandi. 

Baca juga: 4 Warna Cat Ini Harus Dihindari di Kamar Mandi Kecil, Makin Sempit

Lakukan pembersihan rutin

Kamar mandi tanpa jendela lebih rentan terhadap pertumbuhan jamur dan lumut karena kondisinya yang lembap dan kurangnya ventilasi. 

Melakukan pembersihan secara rutin adalah kunci mencegah pertumbuhan jamur dan lumut. Lakukan membersihkan kamar mandi tanpa jendela setidaknya sekali dalam seminggu. 

Jika menggunakan kamar mandi dengan frekuensi tinggi, perlu lebih sering membersihkannya.

Menjaga handuk tetap bersih

Selanjutnya, cara membersihkan kamar mandi tanpa jendela adalah menjaga handuk tetap bersih. Handuk adalah salah satu benda yang paling sering digunakan untuk mengeringkan badan atau mengelap permukaan di kamar mandi.

Kamar mandi tanpa jendela sangat rentan mengalami kelembapan tinggi yang dapat berdampak buruk pad handuk yang tidak dijaga kebersihannya.

Handuk yang kotor dan lembap ini menjadi tempat ideal untuk jamur dan lumut berkembang biak, yang dapat menyebabkan bau tidak sedap serta masalah kesehatan, seperti iritasi kulit. 

Baca juga: Mudah, Cara Membersihkan Noda Kuning di Wastafel Kamar Mandi

Pemeliharaan nat dan dempul

Ilustrasi membersihkan kamar mandi. SHUTTERSTOCK/VH-STUDIO Ilustrasi membersihkan kamar mandi.
Garis nat dan dempul adalah bagian penting dari kamar mand karena membantu menutupi celah antara ubin dan mencegah kelembapan masuk ke dinding.

Kamar mandi tanpa jendela yang memiliki kelembapan tinggi dapat menyebabkan nat dan dempul rusak, yang dapat menyebabkan masalah jamur dan kerusakan dinding.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com