Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Membersihkan Noda Kuning di Wastafel Kamar Mandi

Kompas.com - 17/10/2023, 16:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu noda yang sering dijumpai pada wastafel kamar mandi yaitu noda kuning. Noda ini membuat kamar mandi terlihat kotor dan tidak menarik.

Biasanya, noda tersebut disebabkan oleh air atau endapan mineral yang menumpuk di wastafel. Penumpukan mineral ini tidak bisa dikendalikan karena kita tidak pernah mengetahui kandungan mineral dalam air.

Namun, tak perlu risau karena noda kuning di wastafel bisa dibersihkan dengan mudah. Dilansir dari Home Decor Bliss, Selasa (17/10/2023), berikut ini cara membersihkan noda kuning di wastafel kamar mandi.

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Dapur Komposit Hitam

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  • Spons
  • Bubuk soda kue
  • Alkohol gosok

Bilas wastafel terlebih dahulu

Ilustrasi membersihkan wastafel porselen.Shutterstock/Oleksandr Nagaiets Ilustrasi membersihkan wastafel porselen.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu membilas wastafel terlebih dahulu sebelum dibersihkan. Bilas wastafel dengan air bersih yang mengalir sebelum ke dibersihkan menggunakan bahan pembersih.

Menaburkan soda kue

Tahapan selanjutnya yaitu menaburkan soda kue pada area yang bernoda. Selain itu, Anda juga bisa mengaplikasikan soda kue ke seluruh bagian wastafel agar bagian kamar mandi ini bisa bersih merata.

Baca juga: 6 Cara Membersihkan Wastafel Porselen agar Tetap Kinclong

Gosok wastafel

Cara membersihkan noda kuning di wastafel selanjutnya yaitu menggosok wastafel menggunakan sisi spons yang kasar. Gosok soda kue ke noda dengan gerakan memutar sambil menggosok dengan sedikit tekanan.

Bila perlu, tambahkan lebih banyak soda kue dan ulangi proses menggosok sampai semua noda terangkat. Setelah noda terangkat, gosok wastafel dengan spons lembut agar wastafel tidak rusak.

Oleskan alkohol gosok

Langkah berikutnya yaitu mengoleskan alkohol ke spons dan gsok ke area wastafel yang sudah dibersihkan menggunakan soda kue.

Alkohol akan membantu mengangkat noda dari wastafel dan membuat wastafel kembali bersih seperti baru.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Wastafel Kamar Mandi dan Menjaganya Tetap Kinclong

Bilas dengan air bersih

Kemudian, bilas kembali dengan air bersih sampai sisa soda kue dan alkohol hilang. Pembilasan juga berguna untuk memastikan semua noda sudah benar-benar bersih.

Cara mencegah agar wastafel tidak menguning

Selain mengetahui cara membersihkan noda kuning di wastafel, Anda juga perlu mengetahui cara mencegah agar wastafel tidak mudah menguning.

Salah satu cara terbaik untuk mencegah noda kuning di wastafel yaitu dengan rutin membersihkannya. Setidaknya, bersihkan wastafel seminggu sekali atau paling lama sebulan sekali.

Semakin sering wastafel digunakan, semakin rutin wastafel dibersihkan. Selain itu, gunakan juga pelembut air untuk mencegah kelebihan mineral dalam air.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com