Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/10/2023, 15:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.comFeng shui adalah filosofi kuno Tiongkok yang digunakan untuk meningkatkan energi positif dalam ruangan. Feng shui bisa diterapkan di seluruh ruangan, termasuk kamar mandi.

Dengan menerapkan feng shui di kamar mandi, harapannya ruangan tersebut bisa digunakan dengan nyaman.

Lantas, bagaimana cara menerapkan feng shui di kamar mandi? Dilansir dari The Spruce, Senin (9/10/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: 8 Cara Menciptakan Feng Shui Baik di Kamar Mandi

Menghemat air

Feng shui merupakan filosofi yang menghubungkan rumah dengan lingkungan dan alam. Penerapan feng shui yang termudah yaitu dengan menghemat air.

Ilustrasi menutup keran untuk menghemat airShutterstock/BlurryMe Ilustrasi menutup keran untuk menghemat air

Kebiasaan menghemat air akan membuat sumber daya tersebut bisa digunakan banyak orang. Aktivitas sederhana yang bisa diterapkan untuk menghemat air yaitu tidak mandi terlalu lama, memperbaiki kebocoran, dan memasang alat penghemat air.

Menutup dudukan kloset

Salah satu hal yang perlu diperhatikan apabila ingin menciptakan feng shui baik di kamar mandi yaitu penutup dudukan kursi. Filosofi menutup kloset yaitu agar sumber data tidak hilang.

Selain itu, menutup kloset juga bisa mengurangi kelembapan di dalam kamar mandi, sehingga pertumbuhan jamur dan lumut bisa diminimalisir.

Baca juga: 7 Cara Menciptakan Feng Shui yang Baik di Kamar Mandi

Tutup pintu kamar mandi

Selain kloset, untuk menerapkan feng shui di kamar mandi, pintu kamar mandi juga perlu ditutup. Cara ini dapat membantu meminimalkan kemungkinan aliran qi yang baik menjauh dari Anda.

Sembunyikan kloset

Jika memungkinkan, sebaiknya sembunyikan kloset di kamar mandi. Cara ini bisa menghadirkan feng shui baik di dalam kamar mandi.

Untuk menyembunyikan kloset, Anda bisa membuat desain kamar mandi yang memungkinkan kloset tertutup atau tidak terlihat dari luar.

Pasang cermin di luar kamar mandi

Cara menerapkan feng shui di kamar lain selanjutnya yaitu dengan memasang pintu di luar kamar mandi. Cermin dipercaya bisa meningkatkan feng shui.

Cermin juga akan memberikan energi positif dan penuh semangat di area kamar mandi. Tak hanya itu, memasang cermin juga dipercaya bisa menghilangkan masalah feng shui.

Baca juga: Mau Pasang Cermin di Kamar Mandi? Simak, Ini Panduannya

Meletakkan tanaman hias

Masalah utama dalam kamar mandi menurut feng shui yaitu air mengalir keluar. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan meletakkan tanaman di dalam kamar mandi.

Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi.

Tanaman bisa mengubah energi air yang turun menjadi energi kehidupan yang penting. Air akan membuat tanaman tumbuh dan kuat. Selain itu, tanaman juga bisa memberikan unsur alam dalam ruangan tersebut.

Rapikan barang-barang di kamar mandi

Barang-barang seperti kosmetik dan perlengkapan mandi perlu rutin dirapikan. Selain itu, barang-barang yang sudah tidak digunakan juga perlu disingkirkan, terutama jika produk tersebut sudah kadaluarsa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com