Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menciptakan Feng Shui Baik di Kamar Tidur

Kompas.com - 01/12/2022, 16:23 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Feng shui adalah ilmu Tiongkok kuno yang membantu menyelaraskan energi dari lingkungan dengan energi Anda sendiri, termasuk kamar tidur

Tata letak kamar tidur mungkin tampak fungsional, tapi meletakkan furnitur di tempat yang salah dapat menghalangi aliran energi. 

Baca juga: 10 Cara Membuat Kamar Tidur yang Nyaman dan Tenang

Jika energi terhalang atau tidak memberikan energi positif, ini akan mempengaruhi kualitas tidur dan hidup seseorang.

Liz Wiggins, ahli feng shui di Sydney, Australia, mengatakan kamar tidur bertindak sebagai hal penting dalam hal feng shui karena menandakan kesehatan dan hubungan Anda.

“Bagi saya, kamar tidur adalah area terpenting di rumah mana pun karena ini terkait dengan kesehatan dan hubungan seseorang,” katanya dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Kamis (1/12/2022). 

Baca juga: 7 Cara Menghadirkan Furnitur di Kamar Tidur Kecil 

Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.Shutterstock/Svet_Feo Ilustrasi kamar tidur bergaya Skandinavia modern, ilustrasi tirai di kamar tidur, Ilustrasi kasur.
Liz mengatakan posisi terbaik meletakkan tempat tidur adalah menempatkan pada dinding yang kokoh agar Anda dapat melihat pintu utama dan hindari menempatkan cermin di seberang tempat tidur.

Sebagai pasangan, jika Anda berdebat, cermin akan meningkatkannya perdebatan sehingga perlu menjauhkan cermin dari seberang tempat tidur. 

Selain penempatan tempat tidur, Liz menjelaskan ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang di dalam kamar tidur dan berakhir mengacaukan aliran energi positif. 

Baca juga: 6 Warna Cat yang Harus Dihindari di Kamar Tidur, Apa Saja?

Liz menyarankan tidak membuat kekacauan di bawah tempat tidur. "Ini adalah energi yang Anda serap saat tidur. Jika memiliki penyimpanan di bawah tempat tidur, pastikan linen atau pakaian bersih yang disimpan," tambah Liz.

Selain itu, Liz mengatakan perlu menghindari beberapa warna tertentu di dalam kamar tidur, seperti merah, karena warna membuat perbedaan besar pada energi ruang, terutama di kamar tidur.

"Jangan gunakan merah di kamar, kecuali jika direkomendasikan konsultan yang berkualifikasi. Ini dapat mempengaruhi kualitas tidur atau kemampuan untuk benar-benar tidur," papar Liz.  

Baca juga: Ragam Pilihan Warna Cat Dinding Terbaik dan Terburuk untuk Kamar Tidur

Tak hanya itu, peralatan elektronik di kamar tidur juga dapat mempengaruhi tidur, bahkan membuat sulit tidur.

"TV dan barang listrik apa pun tidak bagus dan tolong jangan tidur dengan ponsel di bawah bantal, itu benar-benar tidak baik untuk Anda," Liz memperingatkan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com