Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 20:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon tidak hanya dapat digunakan dalam berbagai makanan dan minuman. Namun demikian, lemon juga dapat digunakan sebagai produk pembersih dan bahkan pengusir hama di rumah.

Salah satu manfaat lemon di rumah adalah mengusir kecoa. Aroma kulit lemon diyakini tidak disukai kecoak dan membuatnya pergi.

Dikutip dari House Digest, Senin (23/10/2023), salah satu alasan mengapa lemon diyakini mampu mengusir kecoak adalah karena air perasannya mengandung minyak esensial yang disebut limonene. Kulit lemon juga mengandung limonene.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak Pakai Daun Kemangi, Mudah dan Sederhana

Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandiPIXABAY/STEVE BUISSINNE Ilustrasi lemon, irisan lemon untuk mengharumkan kamar mandi

Minyak ini diketahui dapat mengusir kecoak, sehingga menyebabkan mereka menghindari area tersebut. Namun, agar minyak esensial ini benar-benar berfungsi, Anda perlu menggunakannya dalam konsentrasi tinggi.

Selain itu, limonene menguap dengan cepat, hampir secepat air, yang berarti limonene tidak dapat bertahan cukup lama untuk menjadi pencegah kecoa dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, sangat kecil kemungkinannya penggunaan lemon dalam bentuk apa pun, bahkan dengan konsentrasi limonene yang sangat tinggi, akan membunuh serangga ini dan mengakhiri serangannya.

Banyak obat nyamuk mengandung aroma lemon yang sering digunakan sebagai alternatif alami pengganti bahan kimia sintetis dalam obat nyamuk. Beberapa orang kemudian percaya bahwa karena lemon ampuh untuk mengusir nyamuk, lemon juga bisa ampuh untuk serangga lain, seperti kecoak.

Baca juga: Cara Mengusir Kecoak di Rumah Pakai Saus Sambal

Anda tentu saja dapat meninggalkan kulit lemon di area yang Anda yakini akan menjadi tempat munculnya kecoak, namun konsentrasi limonene mungkin tidak cukup kuat untuk mengusir serangga tersebut.

Sejumlah ahli pengendalian hama percaya bahwa meninggalkan semangkuk jus lemon di rumah sebenarnya tidak akan mengusir kecoak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com