Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak dari Rumah

Kompas.com - 22/08/2023, 07:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak menjadi salah satu hama yang kerap muncul di rumah, terutama area yang rentan kotor, seperti dapur dan kamar mandi.

Meski merupakan hal normal, kehadiran kecoak di rumah menandakan hunian yang kotor dan tidak terawat. Ditambah, kecoak cepat berkembang biak dan terkadang sulit dibasmi.  

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Memicu Kehadiran Kecoak di Rumah

Tak hanya itu, kehadiran kecoak di rumah juga bisa menyebarkan kuman dan penyakit, yang menimbulkan masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, alergi, serta keracunan makanan. 

Karena itu, sangat penting mengetahui cara membasmi kecoak dari rumah selamanya.

Menurut Natasha Wright, ahli entomologi bersertifikat dan dDirektur Teknis di Braman Termite & Pest Elimination, membasmi kecoak tidak harus menggunakan bahan kimia, tapi juga bahan alami, banyak di antaranya yang sudah menjadi bahan pokok dapur.

Nah, dilansir dari Homes anda Gardens, Selasa (22/8/2023), berikut lima bahan alami yang ampuh membasmi kecoak dari rumah

Baca juga: 4 Cara Membasmi Kecoak di Apartemen dengan Cepat

Gula dan boraks

Ilustrasi boraks.Shutterstock/Gv Image-1 Ilustrasi boraks.
Natasha mengatakan boraks efektif membasmi kecoak dari rumah karena secara perlahan akan mengeringkan kerangka luar serangga, mempengaruhi sistem pencernaan, dan akhirnya membunuh kecoak. 

Natasha merekomendasikan mencampurkan boraks dan gula dengan perbandingan 3:1 sebelum mengoleskannya di tempat-tempat yang seering ditemukan kecoak. 

Minyak peppermint

Minyak peppermint juga menjadi bahan alami yang ampuh membasmi kecoak dari rumah. "Semprotan minyak peppermint dapat mengusir kecoak dengan cara tidak beracun dan aman digunakan di sekitar anak-anak," kata Natasha.

Natasha menyarankan mencampurkan 15 tetes minyak peppermint dengan 10 ons air sebelum menyemprotkan formula tersebut di sekitar area yang penuh dengan kecoak di rumah.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Rumah agar Bebas Kecoak, Pakai Sabun hingga Mentimun

Sabun cuci piring

Sabun cuci piring tak hanya efektif mencuci dan memberishkan noda pada peralatan makan, tetapi juga dapat menjadi bahan alami yang ampuh membasmi kecoak dari rumah. 

"Campuran air dan sabun dapat membuat kecoak mati lemas dan membunuhnya serta sangat efektif melawan kecoak Jerman," imbuh Natasha. 

Campurkan empat sendok makan sabun cuci piring dalam satu liter air dan semprotkan di tempat yang sering ditemukan kecoak muncul.  

Baca juga: 10 Cara Membasmi Kecoak di Rumah dan Pekarangan Secara Alami

Ampas kopi

Ilustrasi ampas kopi. Shutterstock/Nor Gal Ilustrasi ampas kopi.
Ampas kopi juga bisa membasmi kecoak dari rumah. Kecoak tertarik pada aroma bubuk kopi yang berarti bisa menjadi perangka sempurna.

"Taruh ampas kopi di dalam cangkir kertas kecil dan letakkan cangkir di dalam stoples berisi air, lalu letakkan stoples di dinding atau alas tiang di mana kecoak sering terlihat," ujarnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com