Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Kecoak Pakai Cengkeh dan Garam Inggris

Kompas.com - 29/08/2023, 11:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah hama yang kehadirannya mengganggu di rumah. Meskipun banyak pestisida kimia yang berguna untuk mengusir kecoak, beberapa pemilik rumah lebih memilih menggunakan pestisida alami.

Dikutip dari House Digest, Selasa (29/8/2023), kombinasi garam epsom atau garam Inggris dan cengkeh adalah bahan yang dapat digunakan untuk membasmi kecoa secara alami.

Garam epsom mengandung magnesium sulfat yang merupakan ancaman bagi kecoa. Struktur kristalnya menyerupai jarum, dapat menempel dan merusak kerangka luar kecoa, sehingga menyebabkan dehidrasi.

Baca juga: 5 Bahan Alami yang Ampuh Membasmi Kecoak dari Rumah

Ilustrasi garam epsom.Shutterstock/NIKCOA Ilustrasi garam epsom.

Selain itu, adanya amonium nitrat dan amonium klorida dalam garam meningkatkan proses dehidrasi, sehingga menyerang kecoak dari dalam.

Sementara itu, aroma cengkeh yang kuat merupakan pengusir kecoa alami. Kecoa menganggap baunya tidak sedap dan biasanya menghindari area yang banyak terdapat cengkeh.

Ketika garam epsom dan cengkeh digabungkan, keduanya membentuk pertahanan alami yang tangguh melawan kecoak. Garam melemahkan dan membuat kecoak dehidrasi, sedangkan aroma cengkeh membuat kecoak menjauh.

Namun, penting untuk diingat bahwa cara alami ini mungkin tidak dapat mengatasi serangan kecoak yang lebih parah, sehingga pengendalian hama profesional menjadi solusi yang lebih efektif.

Baca juga: 7 Hal yang Bisa Memicu Kehadiran Kecoak di Rumah

Cara mengusir kecoa dengan garam epsom dan cengkeh

Dengan mengikuti beberapa langkah sederhana, Anda dapat mengusir kecoa menggunakan campuran alami garam epsom dan cengkeh. Pertama, campurkan cengkeh dan garam epsom dalam jumlah yang sama dalam wadah dangkal.

Kemudian letakkan campuran ini secara strategis di dekat tempat kecoak sering atau bersembunyi. Aroma cengkeh yang kuat berfungsi sebagai pencegah sehingga ruangan menjadi kurang mengundang hama.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com