Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/06/2023, 11:47 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah salah satu hama yang sering ditemukan di rumah. Untuk membasmi kecoak di rumah, Anda bisa menggunakan alternatif dari produk pestisida kimia, yakni menggunakan gula dan baking soda alias soda kue.

Dikutip dari House Digest, Rabu (14/6/2023), kombinasi kedua bahan ini menjadi bubuk bisa menjadi pencegah hama yang efektif. Ini juga membuatnya ideal bagi mereka yang mencari solusi dengan anggaran terbatas.

Kedua bahan tersebut juga sama sekali tidak beracun, menjadikan retasan khusus ini sempurna untuk rumah tangga dengan anak-anak dan hewan peliharaan. Butuh beberapa waktu bagi Anda untuk melihat hasil dari metode ini, tetapi dengan sedikit kesabaran, Anda akan melihat kecoak perlahan mulai menghilang.

Baca juga: 7 Tanaman Pengusir Kecoak di Rumah, Lavender hingga Bunga Krisan

Ilustrasi kecoak, membasmi kecoak.SHUTTERSTOCK / GalGun Ilustrasi kecoak, membasmi kecoak.

Cara membasmi kecoak pakai gula dan baking soda

Untuk membuat campuran yang sesuai untuk pengendalian kecoak, cukup campurkan gula dan soda kue dengan perbandingan yang sama secara menyeluruh. Bau gula akan menarik kecoak, tetapi soda kue yang tertelanlah yang akan membunuh kecoak.

Namun, satu langkah lagi diperlukan untuk menghilangkannya. Kecoak juga perlu minum air, di mana perut mereka akan pecah, yang akhirnya kecoak mati.

Oleh karena itu, penting untuk mengikuti petunjuk selanjutnya dengan hati-hati.

Ambil tutup toples kecil atau buat mangkuk kecil dari aluminium foil dan masukkan sedikit campuran bubuk ke dalamnya. Kemudian, letakkan cawan kecil atau tutup botol berisi air di samping bubuk.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kecoak Muncul di Rumah

Tempatkan umpan dan mangkuk air ini di tempat yang pernah Anda lihat kecoak, atau di tempat yang Anda tahu kemungkinan besar akan mereka kumpulkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com