Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kecoak Memasuki Rumah Setelah Hujan Deras

Kompas.com - 06/12/2022, 14:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Terminix

JAKARTA, KOMPAS.com – Selama musim hujan, terutama setelah hujan deras, mungkin kamu memperhatikan kecoak sering memasuki rumah daripada musim panas. 

Biasanya, kecoak terlihat muncul dari saluran pembuangan air di kamar mandi atau selokan di depan rumah.

Baca juga: Hati-hati, Kecoak Mati Bisa Mengundang Kecoak Lain ke Dalam Rumah

Dilansir dari Terminix, Selasa (6/12/2022), ternyata ada alasan mengapa kecoak kerap memasuki rumah manusia setelah hujan deras, yakni tidak mau tenggelam.

Ada jutaan kecoak yang hidup di sistem saluran pembuangan di seluruh negeri. Ketika sistem saluran pembuangan kebanjiran usai hujan lebat, kecoak bisa tersapu keluar.

Inilah yang membuat kecoak mencari perlindungan di tempat lain, salah satunya di rumah Anda. Air yang naik dapat membuat kecoak memanjat pipa dan keluar di mana pun mereka menemukan celah.

Untuk menyelamatkan diri, kecoak akan mencari tempat berlindung yang tinggi dan kering. 

Baca juga: Catat, Ini Area Favorit Kecoak di Rumah

cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.Shutterstock/PitukTV cara mengusir kecoak dari rumah dapat menggunakan bahan-bahan berupa pasta gigi, sabun cuci piring, dan jeruk nipis atau lemon.

Apa yang menarik perhatian kecoak?

Sama dengan kebanyakan makhluk, kecoak memiliki tiga kebutuhan dasar untuk bertahan hidup, yakni makanan, air, dan tempat tinggal. Semuanya bisa didapat saat kecoak masuk ke rumah

Misalnya, kecoak dapat menemukan kecoak di dapur. Kecoak akan memakan remah makanan serta kotoran di saluran air, bahkan barang-barang di lemari dapur. 

Sementara untuk sumber air, kecoak akan menemukannya dari keran yang bocor, pipa, saluran pembuangan wastafel, bahkan mangkuk minum hewan peliharaan.

Dengan memasuki rumah, kecoak dapat merasa aman dan semua kebutuhannya terpenuhi. Tak hera, kecoak akan masuk ke rumah saat hujan lebat. Kecoak menyukai area gelao, hangat, dan lembap di dalam rumah sepert ikamar mandi serta dapur.

Baca juga: Bahaya Menyentuh Kecoak Mati dengan Tangan Kosong

Jenis kecoak yang mencari perlindungan setelah hujan

Ilustrasi kecoak.SHUTTERSTOCK Ilustrasi kecoak.

Ada cukup banyak jenis kecoak di dunia, tapi ada dua jenis kecoak yang mencari perlindungan setelah hujan lebat, yakni kecoak Amerika dan Oriental.

Dua jenis kecoak ini lebih banyak ditemukan di luar ruangan sehingga kemungkinan besar mencari tempat berlindung saat hujan deras.

Baca juga: Penyebab Kecoak Mati Dalam Posisi Telentang

Untuk mencegah kecoak memasuki rumah usai hujan deras, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menutup saluran pembuangan air dan memastikan semua celah dan retakan tertutup.

Setelah itu, jangan tinggalkan makanan di tempat terbuka, simpan bahan dapur di dalam wadah kedap udara yang tertutup rapat, dan hindari meninggalkan peralatan dapur kotor di wastafel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com