Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahaya Menyentuh Kecoak Mati dengan Tangan Kosong

Kompas.com - 27/11/2022, 12:04 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKecoak mati perlu segera disingkirkan dari rumah jika kamu tidak ingin dihampiri oleh kecoak lainnya.

Sebab, kecoak mati mengeluarkan asam oleat. Aromanya memberi sinyal kepada kecoak, serta serangga lainnya, bahwa serangga yang terletak di sana adalah makanan.

Baca juga: Jangan Gunakan Tangan Kosong, Ini Cara Tepat Membuang Kecoak Mati

Selain itu, mereka pun mengeluarkan feromon, yang mana sekresi ini umum dikeluarkan ketika serangga termasuk kecoak tiba di sebuah sumber makanan.

Serangga lainnya akan menangkap aroma feromon dan menuju area tersebut. Namun, ketika hendak membuang bangkai kecoak, menyentuhnya dengan tangan kosong tidak direkomendasikan.

Kecoak mati berbahaya

Ilustrasi kecoak.SHUTTERSTOCK / sainan 2522 Ilustrasi kecoak.

Dilansir dari Cockroach Zone, Minggu (27/11/2022), kecoak mati dapat membahayakan kesehatan manusia. Sebelum mati, mereka memakan material yang membusuk dan sampah, dan tinggal di selokan kotor.

Kebanyakan orang menyentuh kecoak mati dengan tangan kosong. Padahal, ini dapat meningkatkan risiko tertular penyakit dan infeksi berbahaya.

Baca juga: 7 Tempat Persembunyian Kecoak yang Perlu Diwaspadai

Ada sebuah studi bertajuk “Cockroaches as Carriers of Bacteria In Multi-family Dwellings” yang diterbitkan oleh Cambridge University Press pada 2009.

Para ilmuwan mengidentifikasi 30 spesies bakteri berbeda yang dibawa oleh kecoak. Bakteri patogen mewakili 54 persen dari semua yang diidentifikasi.

Lebih lanjut, Badan Kesehatan Dunia (WHO) menjelaskan, kecoak membawa penyakit usus seperti diare, disentri, demam tifoid, dan kolera. Bersentuhan dengan kecoak mati membuatmu berisiko terkena listeriosis, salmonellosis, dan E.coli.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com