Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman Pengusir Kecoak di Rumah, Lavender hingga Bunga Krisan

Kompas.com - 31/05/2023, 12:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah salah satu hama pengganggu di rumah. Kecoak adalah hama yang sulit dihadapi karena cepat, tangguh, dan bisa dibilang pintar.

Akan tetapi, Anda tidak bisa mengabaikan kehadiran kecoak di rumah. Serangga ini tidak higienis jika ada di rumah, membawa dan menyebarkan penyakit, serta berkembang biak dengan cepat di lingkungan yang tepat.

Mencari cara membasmi kecoak dapat mengatasi masalah langsung, tetapi jika Anda ingin mencegah serangga kembali, ada langkah lebih lanjut yang dapat Anda ambil.

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Kecoak Muncul di Rumah

Ilustrasi kecoak.SHUTTERSTOCK / Pasonglit Junuan Ilustrasi kecoak.

Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menanam tanaman yang tidak disukai kecoak. Faktanya, ada beberapa tanaman yang dapat membantu mencegah kecoak dan mengusirnya.

Dikutip dari Tom's Guide, Rabu (31/5/2023), berikut ini beberapa tanaman yang dibenci kecoak dan cara menggunakannya.

1. Rosemary

Tanaman herbal yang harum ini terkenal sebagai tambahan yang lezat untuk makanan, menambah aroma dan rasa pada semua jenis hidangan. Tapi, manfaat rosemary sebenarnya masih banyak.

Minyak yang ditemukan dalam daun rosemary telah dikenal untuk menghilangkan stres dan rasa sakit. Aromanya yang segar dan berkayu juga dapat ditemukan di sekitar rumah, sering digunakan untuk menambah keharuman bunga rampai, sabun, dan parfum.

Baca juga: Alasan Kecoak Suka Bersembunyi di Kamar Mandi

Namun, kecoak tidak suka tanaman rosemary. Kehadirannya saja mengusir serangga ini di antara semua jenis hama, termasuk nyamuk dan semut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com