Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengusir Kadal di Rumah Pakai Bawang Merah dan Bawang Putih

Kompas.com - 13/10/2023, 22:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menemukan kadal yang menempel di dinding atau melata di lantai bisa jadi hal yang mengkhawatirkan. Selain itu, mencegah kadal masuk ke rumah mungkin sulit.

Meskipun beberapa orang menganggap kadal dan reptil lainnya menarik dan menjadikannya sebagai hewan peliharaan, sebaiknya jauhkan kadal liar dari rumah.

Dikutip dari House Digest, Jumat (13/10/2023), bawang putih dan bawang merah akan membantu mencegah kadal dengan cara yang tidak sadis.

Baca juga: 5 Ciri Kadal Peliharaan Sakit

 

Ilustrasi bawang putih untuk dijadikan bumbu masakan. Makan bawang dikaitkan dengan bau badan saat berkeringat. Bahkan, mengonsumsi bawang juga dapat menyebabkan bau mulut. Shutterstock/Narong Jhanwattana Ilustrasi bawang putih untuk dijadikan bumbu masakan. Makan bawang dikaitkan dengan bau badan saat berkeringat. Bahkan, mengonsumsi bawang juga dapat menyebabkan bau mulut.

Kadal diketahui membawa Salmonella meskipun mereka sehat dan dapat mencemari permukaan apa pun yang mereka sentuh.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), banyak reptil dan amfibi, termasuk hewan peliharaan, membawa bakteri tersebut dalam sistem pencernaannya.

Kadal yang masuk ke rumah mungkin merayap di meja dapur atau bersentuhan dengan makanan, sehingga berbahaya bagi kesehatan Anda.

Jika Anda memiliki anak di bawah lima tahun di rumah, memungut kadal karena penasaran bisa berbahaya karena anak-anak lebih rentan terhadap bakteri Salmonella yang dapat membuat mereka sakit.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Dibenci Kadal

Cara mengusir kadal pakai bawang putih dan bawang merah 

Reptil memiliki indera penciuman dan rasa yang saling terkait, itulah sebabnya menggunakan aroma untuk menghalangi mereka adalah metode yang efektif.

Kadal tidak menyukai aroma bawang merah dan bawang putih yang kuat, menjadikan bahan-bahan ini sebagai cara yang mudah dan alami untuk mengusir kadal dari rumah. Coba letakkan irisan bawang merah dan siung bawang putih di tempat yang sering dikunjungi kadal. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com