Kompas.com - 16/01/2022, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com- Kadal memang bermanfaat bagi tanaman karena kehadirannya dapat menakuti serangga. Namun terkadang ia muncul tiba-tiba dan seringkali masuk ke dalam rumah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa melakukan langkah pencegahan dengan menanam tanaman yang tidak disukai kadal.

Jenis tanaman ini memiliki aroma yang sangat mengganggu bagi kadal. Kamu bisa meletakkannya di pintu masuk, jendela atau di tempat lain di mana kadal seringkali muncul.

Melansir dari Nursery Live, Minggu (16/1/2022), berikut ini adalah 5 jenis tanaman hias yang tidak disukai kadal.

Baca juga: 5 Ciri Kadal Peliharaan Sakit

Peppermint

Peppermint atau mentha peppermint adalah tanaman herbal yang sangat bermanfaat. Tanaman ini memiliki aroma yang tajam dan dapat tumbuh hingga 90 cm.

Aroma yang kuat ini mengganggu penciuman serangga dalam mencari makanan, oleh karena itu mereka cenderung akan menjauhi tanaman peppermint.

  • Kondisi tumbuh: tanah yang lembab namun dikeringkan dengan baik. Beri air setiap hari dan hindari terkena sinar matahari langsung.
  • Manfaat lain: masakan, minuman dan kesehatan

Baca juga: 5 Tanaman Hias untuk Taman Bergaya Mediterania

Herb of grace

Herb-of-grace, Ruta Graveolens atau Rue adalah tanaman hias herbal asal Eropa. Selain bermanfaat sebagai tanaman herbal, tanaman ini ditanam sebagai tanaman hias karena daunnya yang cantik berwarna hijau kebiruan. Herb of grace memiliki bau apek yang khas sehingga tidak disukai kadal.

  • Kondisi tumbuh: tanah yang dikeringkan dengan baik, sinar matahari langsung atau naungan dan penyiraman dengan interval 2-3 minggu,
  • Manfaat lain: kesehatan (kecemasan, vertigo, sakit gigi dll), rasanya pahit jadi tidak enak untuk dimasak namun beberapa koki menggunakan minyaknya sebagai penyedap.

Baca juga: Spons Cuci Piring Bermanfaat untuk Tanaman Hias? Ini Penjelasannya

Eucalyptus

Ilustrasi daun Eucalyptus, eukaliptus yang mampu memberikan kesegaran di dalam ruangan.SHUTTERSTOCK/K.DECOR Ilustrasi daun Eucalyptus, eukaliptus yang mampu memberikan kesegaran di dalam ruangan.

Tanaman berkayu dan bertangkai banyak ini memiliki cabang yang halus dan berserat dengan kelenjar minyak di daunnya.

Mereka juga dikenal sebagai Tanaman Nilgiri karena budidayanya yang melimpah di daerah Nilgiri di Tamil Nadu.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.