Kompas.com - 11/01/2022, 09:46 WIB
Ilustrasi tanaman hias Unsplash/Art and Soil BangaloreIlustrasi tanaman hias

JAKARTA, KOMPAS.com - Keputusan pertama yang harus diambil oleh setiap pemilik tanaman baru adalah di mana menempatkan tanaman tersebut. Mencari penempatan yang sempurna bisa jadi sulit.

Sebab, jika Anda meletakkan tanaman di suatu tempat yang tidak memiliki jumlah kelembapan, sinar matahari, dan ruang yang tepat untuk kebutuhannya, tanaman itu tidak akan tumbuh dengan potensi penuhnya yang semarak dan hijau.

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (11/1/2022), Christopher Griffin, alias @PlantKween di Instagram, melakukan beberapa eksperimen sebelum meletakkan tanaman hias di suatu tempat.

Baca juga: Alasan dan Tanda Tanaman Hias yang Baru Dibeli Harus Direpotting

Ilustrasi pot tanaman, tanaman hias di dalam pot. PIXABAY/BROESIS Ilustrasi pot tanaman, tanaman hias di dalam pot.

Bagaimana menemukan tempat terbaik untuk tanaman hias?

Griffin memilih untuk menempatkan tanaman serupa di berbagai bagian apartemennya untuk melihat seberapa baik masing-masing tanaman. 

Setelah tanaman ditempatkan, Griffin akan menunggu dua hingga tiga bulan sebelum mengukur tempat mana yang paling baik untuk masing-masing tanaman.

"Anda harus memberinya waktu untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. Dibutuhkan waktu, kesabaran, dan sedikit rasa ingin tahu," ujarnya. 

Selama bulan-bulan itu, Griffin memantau tanda-tanda kesehatan, mulai dari daun hijau (meskipun beberapa yang kuning bukan masalah besar), pertumbuhan cepat, dan dedaunan penuh.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Kutu Putih di Batang dan Daun Tanaman Hias

Setelah periode aklimatisasi berakhir, Griffin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan spesies tanaman tersebut dan kondisi yang dapat merawat mereka dengan lebih baik.

Dari sana, tanaman yang memiliki kebutuhan perawatan yang sama dapat dipindahkan untuk berkembang bersama anggota keluarga hijau lainnya.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.