Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/09/2023, 18:35 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce


JAKARTA, KOMPAS.com – Membeli furnitur untuk rumah kecil menjadi tantangan tersendiri. Sebab, umumnya furnitur berukuran besar, sehingga bisa membuat rumah kecil terasa semakin sempit.

Hal tersebut memaksa Anda untuk memilih dengan cermat sebelum membeli furnitur untuk rumah kecil. Tak hanya memikirkan ukurannya, penempatan furnitur juga perlu diperhatikan agar ruangan tidak terasa sempit.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (27/9/2023), berikut ini panduan membeli furnitur untuk rumah kecil yang perlu diperhatikan.

Baca juga: Panduan Membeli Furnitur untuk Kamar Tidur

Pilih tempat tidur serbaguna

Tempat tidur merupakan salah satu perabotan rumah tangga yang membutuhkan banyak ruang. Namun, dengan cara kreatif perabotan ini bisa disulap menjadi furnitur multifungsi.

Ilustrasi tempat tidur multifungsiSHUTTERSTOCK/KEETAWATPHOTOGRAPHY Ilustrasi tempat tidur multifungsi

Anda bisa memilih tempat tidur serbaguna yang memiliki banyak tempat penyimpanan atau laci. Whitney Leigh Morris, perancang ruangan, penulis, konsultan, dan blogger di Tiny Canal Cottage merekomendasikan tempat penyimpanan yang tidak besar.

Sebagai gantinya, manfaatkan ruang vertikal dan sudut ruangan untuk menghemat tempat. Oleh karena itu, Anda bisa memilih tempat tidur yang salah satu sisinya menyatu dengan lemari penyimpanan.

Baca juga: Ingin Membeli Furnitur Minimalis? Ini Ragam Hal yang Perlu Diketahui

Utamakan fungsinya

Jika memiliki rumah kecil, maka furnitur yang digunakan harus fungsional. Jangan terlalu banyak menempatkan furnitur yang tidak perlu karena bisa membuat ruangan terasa semakin sempit.

Misalnya untuk kamar mandi, cukup tempatkan shower dan kloset. Anda tidak perlu menggunakan wastafel karena perlengkapan rumah ini fungsinya bisa digantikan dengan shower.

Morris juga menekankan pentingnya keberadaan cermin pada kamar mandi kecil. Tujuannya agar ruangan tersebut terlihat lebih terang dan luas.

Hal yang sama juga berlaku untuk ruangan lain. Pada area dapur, sebaiknya tidak menyimpan terlalu banyak peralatan masak.

Baca juga: 7 Tips Membeli Furnitur untuk Rumah Baru

Alat masak yang jarang digunakan, sebaiknya disingkirkan. Cukup beli dan simpan peralatan masak yang dibutuhkan dan sering digunakan.

Pilih furnitur yang mudah disimpan

Panduan membeli furnitur untuk rumah kecil lainnya yaitu dengan memperhatikan penyimpanan furnitur tersebut. Anda bisa memilih perabotan yang bisa dilipat, digantung, atau digulung, sehingga penyimpanannya tidak membutuhkan banyak ruang.

Misalnya, gunakan meja makan yang bisa dilipat, sehingga saat tidak digunakan bisa dilipat dan disimpan di sisi ruangan.

Ilustrasi sofa bed dengan penyimpanan.SHUTTERSTOCK/MK LASEK Ilustrasi sofa bed dengan penyimpanan.

Beli sofa multifungsi

Sofa merupakan perabotan penting yang harus ada di rumah. Sofa biasanya diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga.

Baca juga: 6 Ide Penempatan Sofa di Ruang Tamu, Fungsional tapi Apik

Sayangnya, furnitur ini memiliki ukuran yang cukup besar. Namun, dengan kreativitas tinggi, Anda bisa mendapatkan sofa yang sesuai dengan kebutuhan dan multifungsi.

Pada rumah yang sempit, sebaiknya pilih sofa yang bisa digunakan untuk tempat tidur. Jadi, saat membutuhkan tempat tidur tambahan, Anda tidak perlu membeli tempat tidur baru lagi. Cukup gunakan sofa yang telah dimiliki.

Selain itu, Anda juga bisa membeli sofa yang bagian bawahnya bisa digunakan untuk menyimpan barang. Dengan demikian, sofa tak hanya berguna sebagai tempat duduk, namun bisa juga menjadi ruang penyimpanan.

Furnitur lain yang ada di ruang tamu juga harus dibuat multifungsi. Contohnya, meja ruang tamu harus bisa digunakan untuk meja makan atau meja kerja.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 6 Cara Membeli Furnitur Secara Online

Itulah beberapa panduan membeli furnitur untuk rumah sempit. Dengan kreativitas dan kecermatan, Anda tetap bisa mendapatkan furnitur yang dibutuhkan tanpa mengorbankan banyak ruang di dalam rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com