Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Kasur Busa Memori Dapat Bertahan?

Kompas.com - 25/09/2023, 07:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPASA.com - Bukan rahasia lagi bahwa kasur merupakan investasi kamar tidur yang mahal, tetapi sulit untuk tidak memilikinya.  

Ada banyak jenis kasur yang ada di pasaran, salah satunya kasur busa memori. Kasur busa memori menjadi salah satu pesaing utama dalam pasar kasur dan preferensi bagi banyak orang. 

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Kasur Pegas atau Kasur Busa?

Namun, sama dengan barang rumah tangga yang digunakan sehari-hari, kasur dapat mengalami sejumlah masalah, seperti keausan yang memperpendek usia penggunaannya.

Karena itu, penting mengenali kapan saatnya mengganti kasur busa memori

Berapa lama kasur busa memori dapat bertahan?

Ilustrasi kasur spring bed, kasur pegas. SHUTTERSTOCK/JOHN KASAWA Ilustrasi kasur spring bed, kasur pegas.
Theresa Schnorbach, ilmuwan tidur di Emma - The Sleep Company, mengatakan kasur yang baik sangat penting menjaga kesehatan tidur Anda. 

Jadi, penting mengetahui kapan kasur perlu diganti. Usia kasur busa memori tergantung pada bagaimana kasur tersebut dirawat selama masa pakainya.  

Baca juga: Ampuh, Ini Cara Menghilangkan Bau Pesing dari Kasur dan Sofa

"Secara umum, kita harus mengganti kasur setiap delapan tahun sekali. Ini terutama untuk tujuan kebersihan," saran Hannah Shore, ahli tidur di Silentnight, disadur dari Ideal Home, Senin (25/9/2023). 

Namun, menurut Mary Love, Kepala Produk dan Inovasi di Simba, mengatakan usia kasur busa memori dapat bertahan hingga 10 tahun dengan perawatan dan pemeliharaan tepat. 

Tentu saja, seperti halnya segala sesuatu, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan yang akan menciptakan perbedaan dalam usia kasur busa memori Anda.  

Baca juga: 5 Cara Membuat Kasur Keras Terasa Empuk, Bikin Tidur Nyenyak

Kualitas, ketebalan, dan komposisi

Mary mengatakan kasur busa memori berkualitas lebih tinggi biasanya memiliki umur lebih panjang dibanding kasur berkualitas lebih rendah. "Dengan kata lain, Anda akan mendapatkan apa yang Anda bayar," ucap Mery. 

Saat berbelanja kasur busa memori, penting mempertimbangkan ketebalan dan komposisi busa karena hal ini akan menentukan bagaimana kasur terasa dan umurnya," jelas Victoria Cedeno, spesialis merek di Zinus.

Sebagai contoh, kasur busa memori yang lebih tebal akan terasa lebih empuk karena lapisan busa tambahan memungkinkan orang yang tidur untuk tenggelam lebih jauh ke dalam kasur sehingga memberikan efek membuai dan membentuk. 

Baca juga: Perhatikan, Ini 5 Tanda Anda Tidur di Kasur yang Buruk

Penggunaan

Ilustrasi kasur memory foam. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi kasur memory foam.
Frekuensi dan intensitas penggunaan dapat memainkan peran besar dalam berapa lama kasur busa memori dapat bertahan

Mary mengatakan keausan yang disebabkan penggunaan sehari-hari dan beban ekstra atau lebih berat dapat mengurangi usia kasur busa memori.

Perawatan

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memperpanjang usia kasur busa memori untuk memastikan Anda dapat memaksimalkannya dan menjaganya tetap dalam kondisi prima selama bertahun-tahun mendatang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com