Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Keringat di Kasur agar Tahan Lama dan Tak Bau

Kompas.com - 14/08/2023, 14:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca panas bisa membuat kita berkeringat saat tidur, apalagi jika tidak ada AC di kamar tidur. Noda keringat dapat merusak tampilan dan kebersihan kasur dalam jangka panjang.

Dikutip dari House Digest, Senin (14/8/2023), keringat mengandung garam dan minyak yang dapat menembus kasur, menyebabkan noda yang tidak sedap dipandang dan bau yang tidak sedap.

Noda ini mungkin sulit dihilangkan dan bahkan mungkin mengandung bakteri dan alergen, yang berdampak negatif pada tidur dan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Baca juga: Kasur Spring Bed Vs Memory Foam, Mana yang Sebaiknya Dipilih?

Ilustrasi hawa panas di kamar tidur, cuaca panas.SHUTTERSTOCK/VORONAMAN Ilustrasi hawa panas di kamar tidur, cuaca panas.

Anda dapat menggunakan bahan alami seperti hidrogen peroksida, sabun cuci piring, dan garam untuk menghilangkan noda yang membandel dan menjijikkan.

Bahan-bahan rumah tangga ini bekerja secara sinergis untuk menghancurkannya, menghilangkan bakteri penyebab bau dan mengembalikan penampilan kasur.

Hidrogen peroksida yang merupakan pemutih oksidasi, memecah senyawa organik pada noda keringat. Sabun cuci piring mengandung surfaktan yang melarutkan dan mengangkat minyak dan protein dalam keringat.

Adapun garam menyerap minyak dan berfungsi sebagai abrasif lembut yang membantu menghilangkan residu dan noda membandel.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Urine Anjing dari Kasur

Menggunakan bahan-bahan ini bersama-sama menciptakan larutan pembersih ampuh yang dapat menghilangkan noda keringat, menjadikan kasur segar dan mendukung tidur nyenyak.

Cara menghilangkan noda keringat di kasur

Ada dua cara efektif untuk menghilangkan noda keringat di kasur. Metode pertama melibatkan pembuatan larutan pembersih dengan menggabungkan dua bagian air, satu bagian hidrogen peroksida, dan beberapa tetes sabun cuci piring ringan dalam botol semprot.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com