Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/09/2023, 08:50 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga matahari adalah tanaman favorit di taman, baik karena keindahannya maupun karena hasil panen bijinya yang lezat dan bergizi.

Namun, bunga matahari bisa mengecewakan ketika Anda tidak menemukan beberapa (atau banyak) biji kosong di dalamnya. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Bunga Matahari Tumbuh Tinggi

Biji bunga matahari yang kosong bukan hanya menjadi masalah bagi tukang kebun rumahan, tetapi juga petani bunga matahari yang menginginkan hasil panen tinggi untuk biji atau minyak.

Perlu melakukan penelitian pada perkembangan embrio biji bunga matahari, tetapi ada beberapa penyebab yang mungkin bertanggung jawab atas biji bunga matahari yang kosong.

Dikutip dari Bountiful Gardener, Minggu (24/9/2023), berikut sejumlah penyebab biji bunga matahari kosong.  

Baca juga: 5 Penyebab Bunga Matahari Tumbuh Pendek

Stres panas atau kekeringan setelah penyerbukan

Ilustrasi bunga matahari.Unsplash/dnguri Ilustrasi bunga matahari.
Sudah menjadi rahasia umum terlalu banyak panas atau kekeringan dapat menurunkan hasil panen pada sayuran. Hal ini juga bisa terjadi pada bunga matahari.

Gelombang panas atau kekeringan dapat membuat tanaman bunga matahari stres dan mengurangi pengisian biji. Proses pengembangan biji ini sangat kompleks serta melibatkan produksi dan pergerakan produk fotosintesis dan proses di dalam biji itu sendiri.

Jika mengalami hari-hari yang sangat panas dan kering di sekitar waktu penyerbukan bunga matahari, kemungkinan besar hal ini merupakan faktor yang menyebabkan cangkang biji bunga matahari kosong.

Meski bunga matahari yang ditanam langsung memiliki akar tunggang yang dalam, untuk mengantisipasi gelombang panas, pastikan menyiram bunga matahari dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan kain peneduh untuk memberikan perlindungan sementara. Namun, untuk bunga matahari yang tinggi, hal ini tidak praktis. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bunga Matahari di Pot

Kerusakan akibat ulat

Selanjutnya, penyebab biji bunga matahari kosong adalah kerusakan akibat ulat. Jika melihat lubang kecil pada biji bunga matahari yang kosong, kemungkinan besar itu adalah masalah ulat.

Bunga matahari cukup tahan terhadap hama, dengan pengecualian beberapa spesies serangga. Hal paling bermasalah bertelur di kepala bunga dan larvanya benar-benar memakan biji yang sedang berkembang di dalamnya.

Dua penyebab utamanya adalah kumbang bunga matahari merah (Smicronyx fulvus) dan kumbang bunga matahari abu-abu (Smicronyx sordidus).

Dua yang pertama akan memakan langsung benih yang sedang tumbuh, kemudian mengunyah cangkangnya dan jatuh ke tanah.

Ulat ini akan menemukan tempat untuk menahan musim dingin serta muncul sebagai kumbang dewasa pada musim panas berikutnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com