Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Penyebab Biji Bunga Matahari Kosong

Namun, bunga matahari bisa mengecewakan ketika Anda tidak menemukan beberapa (atau banyak) biji kosong di dalamnya. 

Biji bunga matahari yang kosong bukan hanya menjadi masalah bagi tukang kebun rumahan, tetapi juga petani bunga matahari yang menginginkan hasil panen tinggi untuk biji atau minyak.

Perlu melakukan penelitian pada perkembangan embrio biji bunga matahari, tetapi ada beberapa penyebab yang mungkin bertanggung jawab atas biji bunga matahari yang kosong.

Dikutip dari Bountiful Gardener, Minggu (24/9/2023), berikut sejumlah penyebab biji bunga matahari kosong.  

Gelombang panas atau kekeringan dapat membuat tanaman bunga matahari stres dan mengurangi pengisian biji. Proses pengembangan biji ini sangat kompleks serta melibatkan produksi dan pergerakan produk fotosintesis dan proses di dalam biji itu sendiri.

Jika mengalami hari-hari yang sangat panas dan kering di sekitar waktu penyerbukan bunga matahari, kemungkinan besar hal ini merupakan faktor yang menyebabkan cangkang biji bunga matahari kosong.

Meski bunga matahari yang ditanam langsung memiliki akar tunggang yang dalam, untuk mengantisipasi gelombang panas, pastikan menyiram bunga matahari dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan kain peneduh untuk memberikan perlindungan sementara. Namun, untuk bunga matahari yang tinggi, hal ini tidak praktis. 

Kerusakan akibat ulat

Selanjutnya, penyebab biji bunga matahari kosong adalah kerusakan akibat ulat. Jika melihat lubang kecil pada biji bunga matahari yang kosong, kemungkinan besar itu adalah masalah ulat.

Bunga matahari cukup tahan terhadap hama, dengan pengecualian beberapa spesies serangga. Hal paling bermasalah bertelur di kepala bunga dan larvanya benar-benar memakan biji yang sedang berkembang di dalamnya.

Dua penyebab utamanya adalah kumbang bunga matahari merah (Smicronyx fulvus) dan kumbang bunga matahari abu-abu (Smicronyx sordidus).

Dua yang pertama akan memakan langsung benih yang sedang tumbuh, kemudian mengunyah cangkangnya dan jatuh ke tanah.

Ulat ini akan menemukan tempat untuk menahan musim dingin serta muncul sebagai kumbang dewasa pada musim panas berikutnya.

Jika bunga matahari telah mengalami kerusakan signifikan, sering kali tidak ada gunanya menyemprot insektisida organik karena dapat membunuh penyerbuk yang bermanfaat dan tawon parasit, yang keduanya berkontribusi meningkatkan hasil panen biji bunga matahari.  

Namun, fosfor sangat penting untuk perkembangan buah dan biji bunga matahari. Nitrogen juga memainkan peran kunci, khususnya terkait dengan pengisian biji bunga matahari. 

Nitrogen lebih penting untuk pertumbuhan daun dan batang, tapi pengisian biji bergantung pada fotosintesis serta nitrogen memastikan daun yang sehat dan metabolisme pada bunga matahari.

Penelitian telah menunjukkan peningkatan nitrogen memiliki efek positif pada hasil panen bunga matahari, terutama selama proses pengisian biji.

Beri makan bunga matahari dengan pupuk yang seimbang atau tinggi nitrogen sejak dini saat bunga fokus pada pertumbuhan daun.

Gunakan pupuk lepas lambat yang baik dan aplikasikan setiap bulan (atau sesuai petunjuk) atau pemberian pupuk cair yang bekerja cepat setiap tujuh sampai 14 hari.

Saat tanaman bunga matahari mencapai ukuran dewasa, tetap gunakan pupuk yang seimbang atau beralih ke pupuk yang mengandung lebih banyak fosfor, seperti pupuk formula "mekar". 

Bunga matahari dengan daun lebih sedikit atau daun yang tidak mendapatkan cukup sinar matahari akan memiliki lebih banyak biji yang kosong.

Ternyata beberapa penelitian telah meneliti efek defoliasi (membuang daun) pada bunga matahari dan menemukan tidak hanya hasil panen berkurang, tetapi juga pengisian biji bunga matahari yang lebih sedikit sehingga menghasilkan biji yang berkembang sebagian, bahkan kosong. 

Namun, tidak perlu khawatir terhadap bunga matahari yang mengalami defoliasi, tetapi pertimbangkan di mana Anda menanam bunga dan berapa banyak sinar matahari yang didapat tanaman. 

Untuk bunga matahari, semakin banyak sinar matahari, semakin baik. Jika memiliki barisan bunga matahari atau beberapa yang ditanam berdekatan, ada kemungkinan beberapa di antaranya akan ternaungi, berakhir dengan hasil panen lebih rendah dan lebih banyak biji bunga matahari kosong.

Untuk varietas bunga matahari yang besar, jarak tanam sekitar satu meter lebih disukai, tapi Anda dapat menanamnya lebih dekat dan tetap mendapatkan panen baik.

Jika menanam dalam satu barisan, usahakan menanam bunga matahari dari timur ke barat sehingga semuanya bisa mendapatkan sinar matahari cukup dari selatan. Hindari menanam bunga matahari di samping pagar atau dinding yang menghadap ke utara. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/24/085000276/4-penyebab-biji-bunga-matahari-kosong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke