Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Penyebab Mentimun Terasa Pahit dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 24/09/2023, 08:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com -  Mentimun menjadi tanaman sayur dan buah yang banyak ditanam karena hampir disukai semua orang serta dikonsumi setiap hari. 

Mentimun umum memiliki rasa yang segar, bahkan beberapa ada yang berasa manis. Namun, pada banyak kasus, ada pula mentimum yang pahit.  

Baca juga: 7 Penyebab Mentimun Menguning dan Cara Mengatasinya

Rupanya, mentimum pahit menjadi masalah banyak dialami tukan kebun, bahkan membuat frustasi lantaran tidak enak konsumsi.

Mentimun dikenal sebagai tanaman produktif, terkadang sampai pada titik ekstrem. Namun, apa gunanya mentimun yang melimpah jika rasanya tidak pahit atau tidak enak? 

Penyebab mentimun pahit (yang juga terjadi pada labu lainnya, seperti zucchini) adalah karena senyawa cucurbitacin.

Senyawa ini selalu ada dalam mentimun, tetapi kadarnya berubah-ubah, tergantung pada proses pertumbuhan sayuran. Semakin tinggi kadar cucurbitacin, semakin pahit mentimun.

Sayangnya, Anda tidak dapat mengetahui apakah mentimun menjadi pahit saat masih dalam proses pertumbuhan, tetapi masih memiliki waktu melakukan sesuatu.

Biasanya, rasa pahit mentimun disebabkan kondisi iklim atau tanah yang mudah diatasi sehingga penting mengambil langkah pencegahan agar tidak menjadi pahit sejak awal.  

Baca juga: Manfaat Cangkang Telur untuk Tanaman Mentimun, Bikin Buah Renyah

Penyebab mentimun pahit 

Ilustrasi mentimun, menanam mentimun. SHUTTERSTOCK/DARYA KOMAROVA Ilustrasi mentimun, menanam mentimun.
Mentimun yang dibudidayakan semuanya mengandung cucurbitacin B dan cucurbitacin C, senyawa yang membuat daunnya pahit serta kurang enak dikunyah hewan.

Senyawa ini biasanya terbatas pada daun dan batang tanaman, bagian tanaman yang tidak dimakan manusia, jadi kita tidak menyadarinya.

Hanya ketika senyawa ini berpindah ke dalam buah, barulah kita mulai mendeteksi rasa pahit. Biasanya, bukan seluruh buah yang menjadi pahit, melainkan sebagian.

Masih ada beberapa ketidaksepakatan tentang apa yang menyebabkan rasa pahit menyebar ke dalam buah mentimun, tetapi tampaknya mengarah pada jenis stres saat mentimun tumbuh.

Disadur dari The Spruce, Minggu (24/9/2023), berikut sejumlah penyebab mentimun pahit

Baca juga: Cara Mengusir Tawon di Halaman Rumah, Bisa Pakai Mentimun

  • Kondisi kering

Cuaca panas dan kering dalam waktu lama dapat menyebabkan mentimun menjadi pahit. Siram tanaman mentimun dengan baik untuk mengimbangi kecenderungan menjadi pahit.

Rendam mentimun setidaknya 2,5 sentimeter air per minggu, lebih banyak lagi selama musim kemarau yang ekstrem.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com