Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Jenis Kunci Rumah dan Plus Minusnya, Mana yang Paling Aman?

Kompas.com - 23/09/2023, 21:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunci adalah salah satu penemuan paling penting sepanjang sejarah manusia karena efektif menjaga rumah dan barang-barang di dalamnya tetap aman saat pemilik tidur maupun berada jauh dari hunian, 

Banyak jenis kunci rumah tangga yang digunakan, termasuk kunci khusus untuk menjaga anak kecil dari barang-barang berbahaya, seperti produk pembersih atau pembasmi hama. 

Baca juga: Catat, 6 Cara Mencegah Kunci Pintu Macet

Setidaknya, ada delapan jenis kunci rumah yang umum digunakan. Setiap kunci ini memiliki tujuan sama, yakni menjaga rumah, tetapi dengan manfaat, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. 

Maka itu, Anda perlu mempelajari berbagai jenis kunci rumah ini sehingga dapat memilih kunci terbaik berdasarkan situasi guna melindungi rumah, keluarga, dan barang-barang berharga. 

Nah, dilansir dari The Spruce, Sabtu (23/9/2023), berikut ragam jenis kunci rumah beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. 

Kunci kenop 

Ilustrasi kunci kenop.Shutterstock/naskami Ilustrasi kunci kenop.
Kunci kenop dirancang untuk mengunci pintu dalam ruangan guna mencegah gagang  berputar yang bisa membuka pintu.

Kunci ini paling sering terlihat di pintu kamar mandi perumahan untuk memberikan keamanan dan privasi dasar bagi siapa saja yang menggunakan kamar mandi.

Namun, kunci kenop tidak boleh dipasang di pintu eksterior karena relatif mudah dilewati atau dirusak serta membuat rumah rentan terhadap pembobolan. 

Baca juga: Ternyata, Ini Kunci Sukses Menghilangkan Jamur di Rumah

Kunci gagang tuas

Selanjutnya, jenis kunci rumah adalah kunci gagang tuas atau lever handle locks. Jenis kunci ini mirip dengan kunci kenop pintu serta memiliki pegangan untuk membuka dan menutup pintu.

Mekanisme penguncian adalah bagian dari gagang. Jenis kunci rumah ini dapat menggunakan kunci atau kunci tombol tekan.

Sama dengan kunci kenop pintu, kucing gagang tuas digunakan untuk pintu internal di rumah, bangunan komersial, dan kamar mandi.

Bukaan pintu ini lebih mudah digunakan daripada kenop untuk penyandang disabilitas (kepatuhan ADA). Namun, ini bukan kunci yang cocok untuk pintu masuk karena dapat dibobol dengan paksa. 

Baca juga: Ketahui, Ini 6 Tanda Kunci Pintu Rumah Perlu Diganti

Gembok

Ilustrasi gembok.Shutterstock/Evgenia Parajanian Ilustrasi gembok.
Gembok atau padlocks adalah pilihan umum untuk mengamankan banyak barang dan kompartemen, seperti gudang penyimpanan, koper, kotak peralatan, dan pintu garasi.

Gembok bukan dipasang di pintu, kenop, atau tuas, gembok adalah mekanisme penguncian mandiri yang dapat dilepas sepenuhnya dari kait pengunci di pintu atau kompartemen.

Buka kunci gembok untuk membuka belenggu atau batang, lalu geser belenggu melalui kait pengunci pada pintu atau kompartemen. Untuk mengunci gembok, dorong ujung terbuka belenggu ke bawah ke dalam badan gembok.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com