Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Survei, Ini 5 Elemen yang Jadi Kunci Rumah Bahagia

Kompas.com - 24/10/2021, 18:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setelah lebih dari satu tahun sebagian besar waktu kita dihabiskan di rumah karena pandemi COVID-19, membuat sebagian orang merasa bahwa perasaan yang dihadirkan di dalam rumah jauh lebih penting dari apa pun. 

Bagi banyak orang, rumah masih menjadi tempat kerja, istirahat, dan hiburan utama kita, dan bagaimana rumah tersebut dirancang dapat berdampak signifikan pada suasana hati kita sehari-hari.

Meskipun menciptakan elemen rumah yang bahagia sangatlah personal, beberapa elemen dapat berkontribusi menciptakan kebahagiaan di dalam rumah.

Baca juga: Perhatikan 5 Hal Ini agar Tak Salah Pilih Cat Dinding Eksterior Rumah

 

Hal tersebut disampaikan oleh layanan desain interior online Modsy. Dalam kemitraan dengan psikolog sosial Lindsay T.

Graham di Pusat Lingkungan Buatan UC Berkeley, perusahaan melakukan survei terhadap lebih dari 1.500 orang untuk menentukan bagaimana desain rumah berdampak pada kesejahteraan.

Hasilnya, setidaknya ada 5 elemen yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang di rumah. Melansir dari Better Homes & Gardens pada Minggu (24/10/2021) berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Catat, 8 Tempat Berdebu di Rumah Ini Harus Sering Dibersihkan

Suasana tenang dan nyaman

Rumah yang bahagia adalah rumah yang nyaman. Ketika diminta untuk membayangkan bagaimana perasaan mereka berada di rumah yang dirancang dengan baik, mayoritas peserta survei tertarik pada perasaan nyaman dan tenang.

Sebaliknya, hanya sekitar 10% responden yang mengaitkan desain yang baik dengan perasaan produktif, dan persentase yang lebih kecil lagi mengaitkannya dengan perasaan berenergi.

Untuk menciptakan ketenangan, isi rumah Anda dengan elemen lembut, seperti bantal empuk dan selimut berbulu, yang mengundang Anda untuk bersantai, dan pilih warna yang menenangkan yang membuat Anda merasa nyaman.

Baca juga: 7 Cara Mencegah Laba-laba Masuk dan Membuat Sarang di Rumah

Skema warna ungu dan kuning

Ilsutrasi ruang tamu minimalisUnsplash/Collov Home Design Ilsutrasi ruang tamu minimalis

Meskipun biru mudah menjadi warna paling populer untuk dekorasi, mereka yang memilih ungu dan kuning dalam skema warna mereka umumnya memiliki asosiasi yang lebih positif dengan rumah mereka.

Dari peserta yang memilih untuk mendekorasi dengan warna ungu atau kuning, 95% melaporkan merasa senang di ruang mereka. 

Kedua warna ini juga membuat daftar lima warna teratas yang terkait dengan orang-orang yang merasakan kontrol dan rasa aman di rumah mereka.

Baca juga: 5 Tips Menghadirkan Kebahagiaan di Rumah Menurut Feng Shui

 

Sebaliknya, mereka yang sebagian besar dekorasi berwarna merah atau cokelat cenderung paling tidak merasa bahagia di rumah.

Untuk pembaruan yang ceria, cobalah mengecat ulang dinding cokelat dengan warna ungu pucat, atau ganti aksen merah dengan aksesori kuning cerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com