Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, Ini 5 Barang yang Harus Ada di Pintu Masuk Rumah

Kompas.com - 08/09/2023, 20:15 WIB
Dominikus Wirawan Kuncorojati,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Area pintu masuk rumah dapat memberikan kesan menarik tentang suasana di dalam hunian. 

Alexandre Kaehler, desainer interior, mengatakan pintu masuk rumah adalah satu-satunya kesempatan Anda mendapatkan kesan pertama.

Baca juga: 7 Benda yang Harus Ada di Meja Nakas Samping Tempat Tidur

Ini adalah hal pertama yang dilihat tamu saat berkunjung ke rumah Anda, jadi ini akan menentukan suasana untuk semua hal lainnya.

Untuk itu, penting memperhatikan tampilan serta fungsionalitas pintu masuk rumah. Namun, terkadang tidak mudah menentukan barang yang harus diletakkan di area ini.

Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah barang yang harus ada di pintu masuk rumah dikutip dari Living Etc, Jumat (8/9/2023).

Ruang penyimpanan

Ilustrasi meja konsol di area pintu masuk rumah. SHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi meja konsol di area pintu masuk rumah.
Ruang penyimpanan yang tepat untuk barang-barang yang cenderung Anda ambil saat meninggalkan rumah, seperti kunci atau sepatu, akan mengurangi kekacauan di pintu masuk rumah. 

Artem Kropovinsky, desainer dan pendiri Arsight, menyarankan memperhatikan bentuk dan ukuran tempat penyimpanan di pintu masuk untuk memastikan tempat penyimpanan tersebut menambah daya tarik visual di samping fungsionalitasnya.

Baca juga: 6 Ide Penyimpanan Sepeda di Rumah yang Praktis dan Hemat Ruang

Meja konsol

Setelah menemukan sistem penyimpanan yang cocok, pilih meja konsol untuk meletakkan barang-barang tersebut, terutama jika memilih keranjang atau mangkuk.

"Bersikap cermat memilih barang yang memiliki tujuan ganda sehingga  menyenangkan secara estetika dan fungsional," kata Madison Popper, desainer dan pendiri Chill Casa.

Meja konsol dapat menjadi daya tarik di pintu masuk rumah. Anda juga bisa menjadikannya furnitur sederhana dan menyeimbangkannya dengan karpet bermotif kuat atau pencahayaan unik.

Baca juga: 6 Tips Mendekorasi Meja Konsol, Jadi Daya Tarik Area Pintu Masuk Rumah

Cermin

Selanjuntya, barang yang harus ada di pintu masuk rumah adalah cermin. Menambahkan cermin akan memberikan manfaat, baik pintu masuk besar maupun kecil.

Popper mengatakan menempatkan cermin akan menambah kedalaman ruang dan meningkatkan pantulan cahaya.

Sementara itu, menurut Isfira Jensen, principal designer dan CEO Nufacet Interiors, cermin memudahkan Anda memeriksa penampilan sebelum keluar rumah serta membuat area pintu masuk kecil terlihat lebih besar.

Dengan pilihan desain bervariasi, cermin juga dapat menambah daya tarik visual. Pastikan memilih cermin dengan ukuran tepat sesuai ruangan.

Baca juga: 5 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Kecil

Pencahayaan

Ilustrasi pintu masuk rumah atau foyer.Shutterstock/pics721 Ilustrasi pintu masuk rumah atau foyer.
Jensen mengatakan, pencahayaan adalah barang yang harus ada di pintu masuk rumah. Sangat penting memiliki pencahayaan menyeluruh yang memadai di pintu masuk rumah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com