Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Ini 5 Barang yang Harus Ada di Pintu Masuk Rumah

Alexandre Kaehler, desainer interior, mengatakan pintu masuk rumah adalah satu-satunya kesempatan Anda mendapatkan kesan pertama.

Ini adalah hal pertama yang dilihat tamu saat berkunjung ke rumah Anda, jadi ini akan menentukan suasana untuk semua hal lainnya.

Untuk itu, penting memperhatikan tampilan serta fungsionalitas pintu masuk rumah. Namun, terkadang tidak mudah menentukan barang yang harus diletakkan di area ini.

Untuk memudahkan Anda, berikut sejumlah barang yang harus ada di pintu masuk rumah dikutip dari Living Etc, Jumat (8/9/2023).

Artem Kropovinsky, desainer dan pendiri Arsight, menyarankan memperhatikan bentuk dan ukuran tempat penyimpanan di pintu masuk untuk memastikan tempat penyimpanan tersebut menambah daya tarik visual di samping fungsionalitasnya.

Meja konsol

Setelah menemukan sistem penyimpanan yang cocok, pilih meja konsol untuk meletakkan barang-barang tersebut, terutama jika memilih keranjang atau mangkuk.

"Bersikap cermat memilih barang yang memiliki tujuan ganda sehingga  menyenangkan secara estetika dan fungsional," kata Madison Popper, desainer dan pendiri Chill Casa.

Meja konsol dapat menjadi daya tarik di pintu masuk rumah. Anda juga bisa menjadikannya furnitur sederhana dan menyeimbangkannya dengan karpet bermotif kuat atau pencahayaan unik.

Cermin

Selanjuntya, barang yang harus ada di pintu masuk rumah adalah cermin. Menambahkan cermin akan memberikan manfaat, baik pintu masuk besar maupun kecil.

Popper mengatakan menempatkan cermin akan menambah kedalaman ruang dan meningkatkan pantulan cahaya.

Sementara itu, menurut Isfira Jensen, principal designer dan CEO Nufacet Interiors, cermin memudahkan Anda memeriksa penampilan sebelum keluar rumah serta membuat area pintu masuk kecil terlihat lebih besar.

Dengan pilihan desain bervariasi, cermin juga dapat menambah daya tarik visual. Pastikan memilih cermin dengan ukuran tepat sesuai ruangan.

Untuk menghindari bayangan pada wajah, memasang lampu sconce atau lampu meja di kedua sisi cermin merupakan pilihan ideal.

"Pencahayan yang tepat tidak hanya meningkatkan elemen-elemen di area ini, tetapi juga menciptakan suasana dan estetika menarik," ujarnya.

Benda dekoratif

Tambahkan benda dekoratif yang menambah daya tarik dan karakter pada ruangan. Kaehler menekankan daya tarik vas bunga segar yang indah diletakkan di pintu masuk rumah 

Sementara itu, Popper menyarankan meletakkan karpet bergaya di pintu masuk rumah. "Karpet pintu masuk memerangkap kotoran sekaligus menambahkan warna dan tekstur," imbuhnya.

"Lukisan atau foto keluarga akan menambah kehangatan dan kepribadian," tambah Kropovinsky.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/09/08/201500276/catat-ini-5-barang-yang-harus-ada-di-pintu-masuk-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke