Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Kecil

Kompas.com - 04/07/2023, 11:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain kamar tidur kecil bisa menjadi hal yang menantang. Ada keterkaitan antara memaksimalkan ruangan yang tersedia dan bisa berakhir dengan ruangan yang terasa sempit dan berantakan.

Ada banyak cara mengoptimalkan ruang di kamar tidur kecil, baik dengan menata kamar tidur secara efektif, memilih pencahayaan yang tepat, atau mencari solusi penyimpanan yang diperlukan.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (4/7/2023), salah satu cara yang paling berdampak untuk membuat kamar tidur kecil terlihat dan terasa lebih besar adalah penempatan cermin.

Baca juga: Aturan dan Pantangan Cermin di Kamar Tidur Menurut Feng Shui

Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.SHUTTERSTOCK/DARIUSZ JARZABEK Ilustrasi cermin dekoratif di kamar tidur.

Cermin di kamar tidur memiliki peran besar, khususnya di kamar tidur kecil. Berikut beberapa lokasi terbaik untuk meletakkan cermin di kamar tidur kecil.

1. Di seberang jendela

Tempatkan cermin di dinding tepat di seberang jendela jika memungkinkan. Cermin akan bekerja dengan memantulkan kembali semua cahaya alami dari jendela ke dalam ruangan dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Cermin berfungsi sebagai penguat cahaya, mengisi ruangan dengan cahaya alami yang dihasilkan oleh jendela kata Jacky Chou, desainer utama dan direktur Archute.

Menggantung cermin dalam posisi ini adalah trik sederhana yang langsung membuat ruangan terasa terang dan lapang. Cermin juga menghadirkan ilusi jendela ekstra yang pada gilirannya menciptakan rasa kedalaman.

Baca juga: Posisi Terbaik untuk Meletakkan Cermin Bulat dan Persegi di Ruangan

Demikian pula, meletakkan cermin berdekatan dengan jendela akan membiaskan cahaya alami ke seluruh ruangan. Trik ini sangat berguna untuk kamar tidur yang lebih gelap atau menghadap ke utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com