Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Cermin di Kamar Tidur Kecil

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendesain kamar tidur kecil bisa menjadi hal yang menantang. Ada keterkaitan antara memaksimalkan ruangan yang tersedia dan bisa berakhir dengan ruangan yang terasa sempit dan berantakan.

Ada banyak cara mengoptimalkan ruang di kamar tidur kecil, baik dengan menata kamar tidur secara efektif, memilih pencahayaan yang tepat, atau mencari solusi penyimpanan yang diperlukan.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (4/7/2023), salah satu cara yang paling berdampak untuk membuat kamar tidur kecil terlihat dan terasa lebih besar adalah penempatan cermin.

Cermin di kamar tidur memiliki peran besar, khususnya di kamar tidur kecil. Berikut beberapa lokasi terbaik untuk meletakkan cermin di kamar tidur kecil.

1. Di seberang jendela

Tempatkan cermin di dinding tepat di seberang jendela jika memungkinkan. Cermin akan bekerja dengan memantulkan kembali semua cahaya alami dari jendela ke dalam ruangan dan menciptakan ilusi ruang yang lebih luas.

Cermin berfungsi sebagai penguat cahaya, mengisi ruangan dengan cahaya alami yang dihasilkan oleh jendela kata Jacky Chou, desainer utama dan direktur Archute.

Menggantung cermin dalam posisi ini adalah trik sederhana yang langsung membuat ruangan terasa terang dan lapang. Cermin juga menghadirkan ilusi jendela ekstra yang pada gilirannya menciptakan rasa kedalaman.

Demikian pula, meletakkan cermin berdekatan dengan jendela akan membiaskan cahaya alami ke seluruh ruangan. Trik ini sangat berguna untuk kamar tidur yang lebih gelap atau menghadap ke utara.


Pilihlah cermin oval atau bundar, untuk mengimbangi sudut dan tepi tempat tidur, jendela, meja rias, dan ruangan itu sendiri.

2. Di samping furnitur

Menempatkan cermin secara strategis di samping furnitur di kamar tidur dapat menciptakan kesan kedalaman visual yang lebih luas, ujar Emily Yeates, desainer utama di Urban Revival.

Saat Anda mendesain kamar tidur, pertimbangkan untuk menempatkan cermin tinggi di samping meja rias atau lemari berlaci, ini akan berhasil dengan memanjangkan garis di ruangan sehingga area tersebut terlihat lebih besar.

Saat Anda masuk ke kamar tidur kecil, cermin akan memperluas ruangan secara visual.

Menempatkannya di sebelah furnitur besar akan menipu mata dengan berpikir bahwa ada lebih banyak ruang untuk dijelajahi daripada yang ada, sebut Yeates.

Perluas ruangan dengan memasang cermin ukuran penuh dengan aman ke dinding.

3. Di belakang tempat tidur

Menggantung cermin di belakang tempat tidur adalah cara yang bagus untuk memaksimalkan potensi ruang kamar tidur, tutur Samantha Pratt, pemilik dan pendiri Samantha Ashley Designs.

Cermin menciptakan ilusi tempat tidur yang lebih besar dengan memperpanjang sandaran kepala, jika kamar tidr terlihat seperti memiliki tempat tidur yang lebih besar, ruangan secara otomatis terasa lebih besar sekaligus menambah kemegahan ruangan, imbuh Pratt.


Menggunakan trik desain ini juga berarti cahaya dari lampu meja samping tempat tidur juga akan dipantulkan kembali ke dalam ruangan, yang membuat kamar tidur terasa lebih luas di malam hari maupun di siang hari.

Perhatikan bahwa menurut aturan cermin kamar tidur feng shui, meletakkan cermin di seberang tempat tidur dapat 'menggandakan' energi dan mengganggu kualitas tidur.

4. Berlawanan dengan karya seni

Jika Anda memiliki karya seni yang sangat Anda sukai di kamar tidur, Anda dapat menggunakan cermin untuk memperkuat pengaruhnya, ungkap Brad Smith, desainer interior dan CEO Omni Home Ideas.

Dengan menambahkan cermin berlawanan dengan karya seni, itu tidak hanya menambah kedalaman dan dimensi pada ruangan, tetapi juga bekerja dengan meningkatkan daya tarik visual dari fitur pilihan Anda, imbuh Smith.

5. Di pintu lemari pakaian

Apakah kamar tidur kecil Anda memiliki pintu lemari built-in atau yang berdiri sendiri, pertimbangkan untuk mengganti satu atau kedua pintu dengan cermin di bagian luar.

Cermin dapat mengisi seluruh ruang pintu atau bisa lebih kecil dan hanya menggantung di atas pintu.

Yeates mengatakan bahwa menggunakan cermin dengan cara ini tidak hanya melayani tujuan fungsional tetapi juga mencerminkan ruangan kembali ke dirinya sendiri, menciptakan ilusi dimensi ganda dan membuat kamar tidur terasa lebih luas.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/07/04/113828476/5-lokasi-terbaik-untuk-meletakkan-cermin-di-kamar-tidur-kecil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke