Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2021, 09:17 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah kini banyak ditekuni pemilik rumah, khususnya selama pandemi. Tidak hanya mempercantik pekarangan atau halaman rumah, tanaman sayuran juga bisa langsung dipanen dan dimanfaatkan untuk membuat hidangan.

Menanam sayuran di rumah tidak hanya bisa dilakukan di tanah, namun juga di pot. Salah satu jenis sayuran yang bisa Anda pilih adalah mentimun.

Dilansir dari The Spruce, Jumat (21/5/2021), berikut cara menanam mentimun di pot, mulai dari biji hingga proses panen.

Baca juga: Dijamin Berhasil, Ini Cara Mudah Menanam Mentimun

Ukuran pot

Dalam menanam sayuran di pot, semakin besar ukuran pot akan semakin baik. Pot dengan diameter 12, 14, 16, 18 atau bahkan 24 inci menampung lebih banyak tanah pot, yang akan menahan air untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mentimun sangat membutuhkan tingkat kelembaban yang konsisten. Bila pot terlalu kecil, maka hanya sedikit tanah yang akan mengering dengan cukup cepat.

Sinar matahari

Tanaman mentimun membutuhkan setidaknya 6 hingga 8 jam sinar matahari penuh per hari. Penting untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak sinar matahari langsung yang didapat suatu area sebelum Anda menempatkan pot di sana.

Gunakan jam untuk mencatat berapa jam matahari mencapai area tertentu di halaman atau pekarangan rumah.

Baca juga: Cara Membasmi Semut di Rumah dengan Kulit Mentimun

Media tanam

Belilah tanah pot atau media tanam dengan kualitas baik. Gunakan tanah pot organik yang tidak mengandung pupuk atau bahan pembasah.

Jika tanah pot memiliki pupuk yang sudah dicampur sebelumnya, jangan tambahkan lebih banyak. Jika tanah pot tidak memiliki pupuk yang sudah dicampur, ubah dengan pupuk serba guna sebelum menanam mentimun.

Pemupukan

Penting untuk menambahkan pupuk serbaguna slow release ke dalam tanah pot sebelum menanam, kemudian beri makan tanaman dengan emulsi ikan cair yang diencerkan, atau kombinasi rumput laut setiap minggu selama musim tanam.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com