Kompas.com - 20/05/2021, 20:57 WIB
Ilustrasi pencahayaan lampu di rumah. hometipsforwomen.comIlustrasi pencahayaan lampu di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat berencana membeli rumah, khususnya rumah siap huni atau rumah jadi, jangan hanya terfokus pada tampilan dan struktur bangunannya saja.

Pastikan juga memeriksa sistem kelistrikan rumah secara keseluruhan. Ingat, selain kontruksi bangunan, listrik juga memainkan peranan penting dalam hal keselamatan penghuni rumah. 

Baca juga: Percepat Kebutuhan Rumah, Tapera, BTN, dan Perumnas Berkolaborasi

Dilansir dari laman Dream Lands Design, Kamis (20/5/2021), penting bagi siapa pun mengetahui rumah yang hendak dibeli memiliki sambungan listrik yang aman.

Setidaknya, ada lima alasan mengapa memeriksa sambungan listrik itu penting dilakukan sebelum membeli rumah. Berikut ini alasannya. 

Baca juga: Milenial Lebih Tertarik Beli Rumah Daripada Apartemen?

Mengurangi nilai jual 

Memeriksa kondisi listrik memberi calon pembeli pengetahuan yang dibutuhkan dalam membantu negosiasi dengan si penjual rumah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika ada yang salah dengan kabel listrik, kamu dapat menggunakannya untuk menurunkan harga jual rumah. Jika tidak, minta si penjual rumah memperbaikinya terlebih dahulu agar tidak ada yang perlu dikhawatirkan. 

Baca juga: Renovasi atau Beli Rumah Baru? Pertimbangkan Hal Ini Matang-matang

Tanpa pemeriksaan listrik, kamu tidak akan pernah tahu apakah ada masalah yang perlu diperbaiki atau tidak sampai kamu menempati rumah.

Sebaiknya, gunakan pemeriksaan listrik untuk memberi kamu keuntungan selama proses pembelian seperti harga beli lebih rendah. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Membeli Rumah Pertama

Menghindari permasalahan listrik

Setelah membelinya, banyak orang yang tidak tahu apa-apa dengan kondisi listrik di rumah barunya. Hal ini bisa menyebabkan berbagai permasalah listrik yang tak terduga pada masa mendatang.

Sebagai contoh, bisa saja penghuni rumah sebelumnya melakukan kecurangan dalam hal kelistrikan. Akibatnya, permasalahan itu bisa menimpa kamu sebagai penghuni baru.

Baca juga: Mau Beli Rumah? Simak Tips Feng Shui Berikut Ini Dulu

Halaman Selanjutnya
Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.