Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Alasan Perlu Memiliki Air Purifier di Rumah Kecil

Kompas.com - 23/09/2023, 13:40 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comAir purifier atau pembersih udara merupakan salah satu alat elektronik yang penting untuk dimiliki untuk menjaga kualitas udara dalam rumah tetap bersih dan segar.

Meskipun demikian, masih banyak yang ragu-ragu saat hendak membeli alat pembersih udara. Terutama, bagi mereka yang memiliki rumah kecil.

Sebab banyak yang khawatir rumah menjadi lebih sempit jika memiliki alat pembersih ini. Padahal, air purifier sangat dibutuhkan di rumah yang kecil agar udara dalam rumah tetap berkualitas.

Baca juga: 6 Alasan Perlu Membeli Air Purifier Berkualitas Tinggi

Dilansir dari Compact Appliance, Sabtu (23/9/2023), berikut ini sejumlah alasan perlu memiliki air purifier di rumah kecil yang bisa Anda pertimbangkan.

Memiliki hewan peliharaan

Hal pertama yang membuat Anda perlu memiliki air purifier di rumah yaitu keberadaan hewan peliharaan. Bulu hewan peliharaan yang berhamburan bisa membuat kualitas udara dalam rumah menurun.

Ilustrasi air purifier di dalam ruangan. Air purifier adalah salah satu cara menghilangkan polusi udara di rumah. SHUTTERSTOCK/220 SELFMADE STUDIO Ilustrasi air purifier di dalam ruangan. Air purifier adalah salah satu cara menghilangkan polusi udara di rumah.

Dengan menggunakan air purifier, maka bulu-bulu tersebut akan terperangkap dalam alat ini, sehingga Anda dan keluarga tidak akan menghirup udara yang bercampur dengan bulu hewan.

Tinggal bersama anak kecil

Kualitas udara yang bersih akan membuat pertumbuhan anak menjadi baik. Kualitas udara juga sangat mempengaruhi kesehatan anak.

Maka dari itu, apabila Anda memiliki anak atau tinggal bersama anak-anak, sangat dianjurkan untuk memiliki air purifier.

Baca juga: 6 Manfaat Air Purifier di Rumah, Tidak Hanya Terkait Polusi Udara

Tinggal bersama perokok

Tinggal bersama perokok aktif juga menjadi salah satu alasan perlu memiliki air purifier di rumah. Sebab, asap rokok bisa menyebabkan kualitas udara menurun, bahkan berisiko memicu gangguan pada saluran pernapasan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda perlu memiliki alat pembersih udara. Dengan demikian, udara yang dihirup lebih segar dan bersih.

Tinggal bersama orang tua

Sama seperti anak kecil, orang tua atau lanjut usia juga menjadi kelompok yang rentan mengalami gangguan pernapasan akibat kualitas udara yang buruk. Secara alami, kemampuan tubuh orang tua untuk menyaring udara mulai menurun.

Oleh karena itu, perlu air purifier agar udara yang dihirup dalam kondisi bersih, sehingga organ pernapasan tidak terganggu.

Baca juga: 3 Tips Bebas Polusi Udara Saat WFH, Gunakan Air Purifier Berkualitas

Mengidap penyakit pernapasan

Jika Anda memiliki gangguan pada saluran pernapasan, seperti asma, maka alat pembersih udara menjadi salah satu perlengkapan elektronik yang harus dimiliki di rumah.

Air purifier akan membantu menyaring udara dari berbagai kotoran seperti debu, bulu hewan peliharaan, hingga aroma tak sedap. Alat tersebut nantinya akan mengeluarkan udara segar yang baik untuk kesehatan, sehingga risiko penyakit kambuh bisa diminimalisir.

Itulah beberapa alasan perlu memiliki air purifier di rumah kecil. Selain menggunakan air purifier, cara lain agar udara lebih segar dan sehat yaitu dengan rutin membersihkan area rumah dan meletakkan tanaman hias dalam rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com