Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2023, 13:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Debu selalu ada di rumah mana, karena terbuat dari kulit mati, rambut, kuku, dan bahkan bulu hewan peliharaan. Bahkan jika Anda membersihkan rumah secara rutin, Anda akan selalu menghadapi masalah debu.

Jika Anda menghabiskan banyak waktu di rumah, akan ada lebih banyak debu di dalam ruangan. Atau jika Anda suka membiarkan banyak jendela terbuka di siang hari, maka debu akan lebih mudah dan cepat menumpuk.

Dikutip dari House Digest, Sabtu (24/6/2023), bila Anda ingin mengatasi masalah debu dengan lebih baik dan tetap mengontrol kualitas udara di rumah dengan baik, sebaiknya gunakan air purifier yang baik sesuai dengan kebutuhan Anda. Air purifier menampilkan filter khusus yang menjebak partikel jahat di udara dan segera melepaskan udara bersih ke ruangan.

Baca juga: Jangan Asal, Ini 5 Tempat Terbaik Meletakkan Air Purifier di Rumah

Ilustrasi air purifier.WIKIMEDIA COMMONS/HOME AIR QUALITY GUIDES Ilustrasi air purifier.

Berikut cara menggunakan air purifier untuk menghilangkan debu lebih efisien.

Air purifier yang baik akan menangani debu, tetapi Anda dapat berusaha lebih keras untuk meningkatkan kinerjanya dalam jangka waktu yang lama. Pertama, pastikan Anda membersihkan air purifier sesuai dengan rekomendasi pabrikan di manual pengguna.

Ini berarti mengganti filter atau setidaknya mencucinya secara teratur. Kebanyakan ahli merekomendasikan melakukan ini setiap tiga hingga enam bulan.

Anda juga harus sesekali membersihkan bilah kipas, prefilter, dan komponen internal lainnya agar tetap berjalan lancar selama bertahun-tahun.

Baca juga: Apakah Air Purifier Bisa Bantu Redakan Alergi? Ini Penjelasannya

Untuk hasil yang lebih baik, biarkan air purifier bekerja dengan kecepatan tertinggi dan letakkan di dekat lokasi sentral di dalam rumah. Usahakan untuk memisahkannya dari pintu atau furnitur.

Dengan begitu, Anda akan meningkatkan aliran udara, dan air purifier akan memfilter lebih cepat dan menyeluruh. Penting juga untuk menutup pintu atau jendela yang mengarah ke luar ruangan saat menyalakan air purifieruntuk menghindari partikel baru yang mencemari udara di dalam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com