Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/05/2023, 18:43 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber CNN

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 menimbulkan banyak perubahan dalam kehidupan kita di rumah, salah satunya penggunaan air purifier. Dengan menggunakan air purifier, maka Anda dan keluarga bisa terhindar dari risiko penyebaran polusi, virus, hingga bakteri di udara.

Dikutip dari CNN, Rabu (3/5/2023), jika Anda menderita alergi musiman atau memiliki hewan peliharaan yang bulunya rontok, Anda mungkin sudah mengetahui manfaat air purifier.

Namun, dengan kekhawatiran yang berkelanjutan atas polusi udara serta pandemi Covid-19, permintaan akan udara yang lebih bersih di rumah meningkat, dan seiring dengan itu, permintaan akan air purifier di rumah juga meningkat.

Baca juga: Di Mana Sebaiknya Meletakkan Air Purifier agar Bekerja dengan Baik?

Ilustrasi air purifier di dalam ruangan. Air purifier adalah salah satu cara menghilangkan polusi udara di rumah. SHUTTERSTOCK/220 SELFMADE STUDIO Ilustrasi air purifier di dalam ruangan. Air purifier adalah salah satu cara menghilangkan polusi udara di rumah.

Air purifier tidak hanya membantu menurunkan polusi udara seperti debu, serbuk sari, dan partikulat, tetapi air purifier terbaik juga dapat mengatasi asap dan gas beracun serta membantu menyaring bakteri dan virus.

Para ahli menyarankan untuk menggunakan air purifier partikulat efisiensi tinggi (HEPA) untuk menjaga polusi partikel dari asap agar tidak menempel di paru-paru Anda.

Untuk membantu Anda menemukan air purifier terbaik untuk kebutuhan Anda, para pakar dari Badan Perlindungan Energi AS (EPA) dan Asosiasi Produsen Peralatan Rumah Tangga AS (AHAM) serta beberapa produsen menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dari ukuran ruangan dan kebutuhan kesehatan tertentu hingga biaya perawatan dan energi, berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum membeli air purifier.

Baca juga: 5 Manfaat Air Purifier yang Jarang Diketahui Orang

Polutan udara dalam ruangan

Untuk menjaga kualitas udara dalam ruangan secara efektif, Anda harus menghilangkan semua jenis kontaminan, termasuk partikel, baik campuran partikel padat dan tetesan cairan, serta gas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com