Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/11/2022, 16:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda mempertimbangkan untuk membeli air purifier atau pembersih udara, Anda perlu mempertimbangkan ukuran rumah, seberapa sering Anda perlu mengganti filter, dan jumlah listrik yang akan dikonsumsi oleh air purifier.

Namun, hal lain yang penting pula untuk dipertimbangkan adalah di mana tempat terbaik untuk meletakkan air purifier. Ada banyak pilihan, terutama di rumah dengan denah terbuka.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (19/11/2022), berikut beberapa tips meletakkan air purifier agar bekerja dengan baik.

Baca juga: 5 Manfaat Air Purifier yang Jarang Diketahui Orang

Ilustrasi air purifierShutterstock/220 Selfmade studio Ilustrasi air purifier

1. Pilih tempat yang sempurna

Ava Martin, pakar di Quality Water Lab yang memiliki gelar di bidang ilmu lingkungan, mengatakan cara kerja air purifier relatif sederhana. Air purifier menyerap udara kotor dari suatu ruangan, menyaringnya, dan mengeluarkan udara bersih.

Mengenai penempatan air purifier yang sempurna, katanya, menempatkan satu siram ke dinding dapat menghalangi asupan udaranya dan menyebabkan filter tidak berfungsi dengan baik. Dalam kasus ekstrim, bahkan dapat merusak air purifier.

Penting untuk memastikan air purifier memiliki jarak bebas di bagian atas, bawah, dan samping.

Lalu, bagaimana dengan menempatkan air purifier di rak? Menurut Martin, meletakkan air purifier di rak praktis sama dengan meletakkannya di dinding.

Baca juga: 5 Manfaat Kesehatan yang Didapat dari Menggunakan Air Purifier

Martin menjelaskan, rak dapat menghalangi air purifier.

2. Pilih beberapa air purifier berukuran kecil

Meskipun air purifier besar dan kecil membutuhkan ruang kosong di semua sisi, Martin mengatakan bahwa unit yang lebih kecil lebih mudah ditempatkan dan dirawat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com