Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2022, 22:19 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air purifier atau pembersih udara dapat meningkatkan kualitas udara di rumah menjadi lebih bersih dan sehat.

Seperti diketahui, beberapa faktor lingkungan seperti polusi dapat mempengaruhi kualitas udara di rumah, yang akhirnya memberi dampak buruk pada kesehatan. 

Baca juga: Benarkah Area Dekat Air Purifier Mendapat Lebih Banyak Udara Bersih? 

Ada banyak jenis dan model air purifier yang dijual di pasaran. Hal ini tak jarang membuat banyak orang bingung memilih air purifer yang tepat. 

Air purifier yang berkualitas harus memberikan hasil yang dibutuhkan sehingga perlu mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli pembersih udara. 

Dikutip dari My Decorative, Kamis (24/2/2022), berikut sejumlah alasan perlu membeli air purifier berkualitas tinggi. 

Baca juga: Selain Memurnikan Udara, Ini 5 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah 

Alergi 

Ilustrasi air purifier HEPA filter dan pemakaian masker dalam mencegah paparan aerosol.Shutterstock/Yuttana Jaowattana Ilustrasi air purifier HEPA filter dan pemakaian masker dalam mencegah paparan aerosol.
Alergi ada di mana-mana seperti terjebak di AC, lolos dari filter udara, dan menyebar ke rumah.

Jika tubuh Anda cepat mengalami reaksi alergi atau alergi terhadap debu, serbuk sari, dan jamur, hal ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan beberapa masalah kesehatan seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, bahkan batuk.

Di sinilah, Anda perlu memastikan menghirup udara yang sehat. Dalam hal ini, membeli air purifier berkualitas tinggi. 

Para ahli merekomendasikan menggunakan pembersih udara HEPA untuk mengurangi sekitar 90 persen partikel udara, yang dapat membantu meningkatkan kualitas udara.

Perangkat sederhana ini menggunakan filternya lebih jauh untuk menghilangkan partikel udara, alergen, juga debu. Dengan demikian, menghilangkan polusi secara efektif dan menjaga udara tetap bebas. 

Baca juga: 6 Masalah Umum yang Ditemui Pada Air Purifier dan Cara Mengatasinya 

Kehamilan

Kehamilan membutuhkan banyak perawatan dan perhatian. Selama masa kehamilan, seorang ibu harus menjaga kesehatan untuk meningkatkan kondisi bayi, termasuk menghirup udara yang berkualitas.

Tentu saja tunggal di lingkungan berdebu sangat tidak disarankan. Begitu juga menghirup udara di dalam ruangan yang tercemar dapat berdampak buruk pada tubuh dan pernapasan. 

Untuk itu, pastikan rumah memiliki air purifier berkualitas tinggi untuk memurnikan udara. 

Baca juga: 5 Tips Menggunakan Air Purifier agar Bekerja Maksimal dan Tahan Lama 

Rumah memiliki anak kecil

Ilustrasi air purifier di dalam kamar tidur.SHUTTERSTOCK/YUTTANA JAOWATTANA Ilustrasi air purifier di dalam kamar tidur.
Anak-anak sangat rentan terhadap perubahan kecil sehingga hal-hal seperti debu dan alergen dapat sangat mempengaruhi sistem kekebalan tubuh mereka, yang akhirnya membuat sakit atau lemah.

Karena itu, penting melindungi anak-anak dari penyakit yang ditularkan melalui udara serta  reaksi alergi dengan memiliki air purifier di kamar tidur mereka. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com