Kompas.com - 18/01/2022, 15:04 WIB
Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi penggunaan air purifier di rumah.

JAKARTA, KOMPAS.com - Air purifier merupakan salah satu perangkat elektronik canggih yang berguna untuk menjernihkan udara di suatu ruangan.

Ketika ditempatkan di sebuah ruangan, air purifier akan mengisap udara yang ada di ruangan tersebut, lalu menyaringnya, dan mengeluarkan kembali udara yang telah disaring.

Terkait penggunaan air purifier, tidak sedikit orang menganggap bahwa udara yang berada dekat air purifier jauh lebih bersih, ketimbang udara yang berada jauh dari posisi air purifier diletakkan.

Baca juga: Selain Memurnikan Udara, Ini 5 Manfaat Memiliki Air Purifier di Rumah

Mengenai hal ini, benarkah area dekat air purifier diletakkan mendapatkan lebih banyak udara bersih?

Dikutip dari akun Instagram @cosmosonline, Selasa (18/1/2022), dijelaskan bahwa area dekat air purifier mendapatkan lebih banyak udara bersih merupakan sebuah mitos.

Ilustrasi air purifier untuk menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan..SHUTTERSTOCK/MR. WHISKEY Ilustrasi air purifier untuk menjaga sirkulasi udara di dalam ruangan..
Faktanya, di mana saja kamu berada di dalam ruangan yang terdapat air purifier, kamu akan mendapat manfaat yang sama dari kinerja air purifier.

Sebab, air purifier memiliki angka laju suplai udara bersih luas ruangan dan volume udara bersih yang dihasilkan per satuan waktu.

Baca juga: 6 Masalah Umum yang Ditemui Pada Air Purifier dan Cara Mengatasinya

Oleh karena itu, tidak ada gunanya jika kamu mendekatkan air purifier ke posisi di mana kamu berada untuk mendapatkan udara bersih.

Karena udara bersih yang dihasilkan dari penyaringan air purifier tetap sama, sekalipun posisimu jauh atau dekat dari air purifier.

Meski begitu, pastikan bahwa kapasitas air purifier yang kamu gunakan memang sesuai dengan luas atau ukuran ruanganmu.

Sebagai contoh, apabila luas ruanganmu 10×10 meter, gunakan air purifier untuk kapasitas 10×10 meter, jangan kurang dari itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.