BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan ACE Hardware Indonesia

Tingkatkan Kualitas Hidup, Ini 4 Peralatan Rumah Tangga yang Wajib Dimiliki Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 25/02/2022, 09:03 WIB
Yogarta Awawa Prabaning Arka,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih kurang dua tahun mengubah pandangan masyarakat terhadap kebutuhan mereka di rumah, termasuk dalam hal melengkapi perabot rumah tangga.

Peranti yang dulu tak terpikirkan kini menjadi kebutuhan dasar. Ini karena waktu mereka lebih banyak dihabiskan di rumah. Mereka yang menerapkan rutinitas bekerja dari rumah, misalnya, mulai berpikir untuk menciptakan lingkungan sehat dan asri di rumah.

Salah satunya dengan memiliki peralatan rumah tangga pintar yang mampu meningkatkan kualitas hidup penghuninya.

Seperti diketahui, peralatan rumah tangga pintar dapat menjadi pertimbangan untuk mencapai gaya hidup sehat dan berkualitas. Dengan demikian, memiliki peralatan rumah tangga yang dapat berdampak pada kesehatan merupakan sebuah investasi.

Lalu, apa saja peralatan rumah tangga yang bisa meningkatkan kualitas hidup? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Air purifier

Air purifier mampu membersihkan dan menjernihkan udara. DOK. ACE Hardware Indonesia. Air purifier mampu membersihkan dan menjernihkan udara.

Air purifier merupakan alat berteknologi yang punya kemampuan membersihkan atau menjernihkan udara pada ruangan. Alat ini berbeda dengan air conditioner (AC) karena tidak mengeluarkan udara dingin, tapi mampu mengeluarkan udara segar yang bebas dari polusi.

Air purifier memiliki filter yang mampu menyaring udara kotor menjadi udara yang lebih bersih. Alat ini disebut mampu membunuh kuman, bakteri, dan virus yang bertebaran di udara. 

Di samping itu, air purifier diklaim dapat meredakan gejala asma, menetralisasi udara yang mengandung polutan, bahan kimia berbahaya dari udara, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi kemungkinan penularan penyakit dari udara, serta menghilangkan senyawa organik yang mudah menguap dan berbahaya untuk kesehatan.

2. UV sterilizer

Peralatan rumah tangga yang banyak dibutuhkan dan dicari selanjutnya adalah UV sterilizer. Alat ini berfungsi untuk mensterilisasi dan dinilai dapat membunuh kuman sampai 99 persen menggunakan sinar ultraviolet (UVC). Sebagai informasi, metode ini kerap digunakan di rumah sakit dan luar angkasa selama beberapa dekade.

Pada penggunaan rumah tangga, UV sterilizer kerap menjadi andalan untuk mensterilkan botol minum bayi dan mainan si kecil. Alat ini jadi alternatif untuk aktivitas sterilisasi yang biasanya hanya mengandalkan air panas.

UV sterilizer berfungsi untuk sterilisasi dan dinilai dapat membunuh kuman sampai 99 persen. DOK. ACE Hardware Indonesia. UV sterilizer berfungsi untuk sterilisasi dan dinilai dapat membunuh kuman sampai 99 persen.

UV sterilizer bekerja dengan cara memancarkan sinar UV C untuk membunuh kuman. Berbeda dengan sinar UV A atau B, sinar UV C memiliki panjang gelombang paling pendek dan tidak berbahaya untuk kulit karena tidak sampai ke permukaan bumi.

UV sterilizer menggunakan sinar UV C buatan. Dengan demikian, alat ini bisa menjadi andalan sterilisasi modern karena tidak merusak benda yang tidak bisa terkena panas dan tidak meninggalkan residu. UV sterilizer juga praktis dan mudah dibawa ke mana-mana.

3. Diffuser

Bila kamu menyukai ruangan yang selalu harum dan segar, diffuser menjadi salah satu barang rumah tangga yang wajib kamu dimiliki. Diffuser dapat mengubah minyak esensial menjadi uap wangi atau aromaterapi.

Sebagai informasi, diffuser memiliki dua jenis, yakni diffuser manual dan elektrik. Diffuser manual biasanya berbentuk pot dengan celah di bawahnya untuk meletakkan lilin. Kamu bisa menuangkan minyak esensial di atasnya. Selanjutnya, panas dari lilin akan membakar minyak dan mengubahnya jadi udara wangi.

Sementara itu, diffuser elektrik beroperasi menggunakan listrik. Untuk menggunakan diffuser ini, minyak esensial harus dicampur dengan air agar dapat diubah menjadi uap wangi aromaterapi. Keunggulan diffuser elektrik adalah lebih aman digunakan semalaman atau ditinggal tidur dan intensitas wanginya bisa diatur.

Agar aromaterapi yang kamu hirup tetap aman bagi kesehatan, pastikan minyak esensial yang digunakan terbuat dari bahan berkualitas. Sebaiknya, gunakan minyak esensial yang terbuat dari bahan organik dan alami.

Selain menciptakan udara segar dan harum, diffuser juga dapat membantu relaksasi, meningkatkan mood, menghilangkan stres, dan mengatasi masalah tidur.

4. Alat olahraga

Menghabiskan banyak waktu di rumah tidak bisa menjadi alasan seseorang untuk tidak berolahraga. Apalagi, kebijakan work from home (WFH) dan physical distancing cenderung membuat orang memiliki gaya hidup kurang gerak. Padahal, gaya hidup ini dapat menurunkan imunitas tubuh.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah berolahraga di rumah. Dengan berolahraga di rumah, kamu bisa hemat tenaga, waktu, dan biaya. Terlebih, aktivitas ini bisa dilakukan kapan pun tanpa khawatir terhadap penularan penyakit. Di rumah, kamu juga bisa leluasa melatih gerakan.

Berolahraga di rumah lebih hemat tenaga, waktu, dan biaya.DOK. ACE Hardware Indonesia. Berolahraga di rumah lebih hemat tenaga, waktu, dan biaya.

Adapun jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah meliputi lompat tali, angkat beban, senam aerobik, yoga, push up, sit up, dan squat. Kamu juga bisa mencari rekomendasi jenis olahraga lainnya di internet.

Untuk menunjang aktivitas tersebut, kamu bisa membeli peralatan olahraga. Misalnya, membeli matras yoga agar olahraga lebih nyaman, skipping rope untuk olahraga lompat tali, dumbbell untuk angkat beban, sepeda statis untuk olahraga bersepeda, serta treadmill untuk olahraga lari di dalam rumah.

Itulah 4 perabot rumah tangga yang dibutuhkan selama pandemi untuk menunjang gaya hidup sehat selama pandemi. Dengan melengkapinya, kamu tetap bisa menjaga kesehatan meskipun lebih banyak menghabiskan waktu di rumah.

Jangan lupa juga untuk menyediakan safety kit di rumah agar kesehatan seluruh penghuni rumah tetap terjaga. Adapun safety kit yang dibutuhkan meliputi masker, disinfektan, dan hand sanitizer. Selain harus tersedia di rumah, perlengkapan tersebut juga wajib dibawa saat kamu ataupun anggota keluarga harus bepergian keluar.

Untuk melengkapi perabot dan perlengkapan tersebut, kamu bisa membelinya di toko yang memiliki jaringan omni channel atau platform terintegrasi. Sebab, platform ini menawarkan kemudahan berbelanja kepada pelanggan, baik dengan datang langsung ke toko hingga berbelanja secara online melalui website, aplikasi, atau pesan WhatsApp (WA).

Salah satu tempat berbelanja yang menyediakan platform terintegrasi adalah ACE Hardware Indonesia. Sebagai informasi, ACE Hardware Indonesia memiliki 219 gerai yang tersebar di 50 kota dan 27 provinsi di Indonesia, mulai dari Aceh hingga Maluku.

Sementara, untuk belanja online, ACE Hardware Indonesia menyediakan berbagai platform, mulai dari situs ACE Online, aplikasi MISS ACE, WhatsApp Toko, hingga virtual shopping assistant. Kamu juga dapat menjumpai produk ACE Hardware Indonesia secara daring melalui platform ruparupa.com serta toko ACE Hardware Indonesia official di e-commerce Tokopedia dan Shopee.

Dengan jaringan toko yang luas dan banyaknya pilihan platform belanja online, ACE Hardware Indonesia memudahkan kamu dalam mencari produk peralatan dan perlengkapan rumah tangga.

Sebagai informasi, ACE Hardware Indonesia memiliki promo subsidi dan gratis ongkos kirim (ongkir) untuk member ACE Access dan ACE Rewards. Promo ini berlaku dengan minimum belanja mulai dari RP 100.000. Pengguna akan mendapatkan berbagai benefit, mulai dari gratis ongkir hingga potongan subsidi ongkir hingga Rp 1 juta.

Promo tersebut berlaku untuk pembelian produk ACE Hardware Indonesia melalui situs ACE Online, aplikasi MISS ACE, Ruparupa, serta WhatsApp Shopping di area Medan, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, serta Makassar.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai promo subsidi dan gratis ongkir, kamu bisa klik tautan ini. Sementara, untuk informasi mengenai cara menjadi member ACE Access dan ACE Rewards, silakan klik tautan ini.

Kamu juga bisa mengetahui berbagai promo yang sedang diadakan oleh ACE Hardware Indonesia melalui tautan ini.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera penuhi kebutuhan peralatan dan perlengkapan rumah tangga kamu di ACE The Helpful Place.


Komentar
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com