Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/06/2023, 07:21 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air purifier atau pembersih ruangan berfungsi membersihkan udara di dalam rumah dari kontaminan yang dapat berbahaya bagi kesehatan. 

Selain itu, air purifier bermanfaat menghilangkan bau tidak sedap dan meningkatkan kualitas udara di rumah secara keseluruhan. 

Baca juga: Apakah Air Purifier Bisa Bantu Redakan Alergi? Ini Penjelasannya

Apabila sudah memiliki air purifier, Anda perlu mempertimbangkan ukuran rumah, seberapa sering harus mengganti filter, dan jumlah listrik yang akan dikonsumsi peralatan. 

Mungkin Anda merasa telah menangani setiap detail kecil ini. Namun, ada satu hal yang juga perlu diperhitungakan, yakni tempat terbaik meletakkan air purifier di rumah.

Ada banyak pilihan meletakkan air purifier di rumah, terutama rumah dengan denah lantai terbuka. Dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (23/6/2023), berikut tempat terbaik meletakkan air purifier di rumah.  

Baca juga: Apa Itu Filter HEPA pada Air Purifier dan Manfaatnya?

Pilih tempat sempurna

Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.SHUTTERSTOCK/ Ilustrasi penggunaan air purifier di rumah.
Ava Martin, ahli sistem penyaringan air di Quality Water Lab yang memiliki gelar di bidang ilmu lingkungan, mengatakan air purifier relatif sederhana.

"Alat ini mengambil udara tidak murni dari sebuah ruangan, menyaringnya, dan mengeluarkan udara bersih."

Dalam hal penempatan air purifier yang sempurna, kata Martin, meletakkan air purifier di dinding dapat menghalangi pemasukan udara dan menyebabkan filter bekerja tidak semestinya.

Dalam kasus ekstrem, hal ini dapat merusak air purifier. Penting memastikan air purifier memiliki jarak bebas di bagian atas, bawah, dan samping.

Begitu meletakkan air purifier di rak hampir sama dengan meletakkannya di dinding. Rak dapat menghalangi pembersih udara

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Air Purifier

Pilih beberapa unit yang lebih kecil

Meski air purifier besar dan kecil membutuhkan ruang kosong di semua sisi, Martin mengatakan, unit kecil lebih mudah ditempatkan dan dirawat.

Akal sehat menyatakan air purifier lebih besar dapat membersihkan ruangan lebih besar dengan lebih baik. Namun, hal tersebut belum tentu benar. "Ini semua tentang aliran udara," ucapnya. 

Jika ruangan berkonsep terbuka, udara dapat mengalir relatif tanpa hambatan sehingga satu unit besar dapat melakukan pekerjaan dengan efektif.

Namun, kebanyakan bangunan memiliki banyak divisi. Jika udara tidak dapat dengan bebas bergerak di antara ruangan, air purifier yang lebih besar hanya akan membersihkan sekelilingnya dan tidak membersihkan seluruh lantai.

Maka itu, Martin menyarankan meletakkan air purifier di rumah yang berukuran lebih kecil di setiap ruangan daripada menempatkan satu unit lantai besar di tengah rumah.  

Baca juga: Air Purifier Vs Humidifier, Mana yang Efektif untuk Cegah Alergi?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com