Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Harus Dihindari

Kompas.com - 29/08/2023, 22:25 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mereka yang menanam tanaman sayur tidak mengetahui kapan waktu terbaik menyiram tanaman sayur dan berapa banyak air yang harus diberikan. 

Padahal, hal ini tidak sulit, tetapi ada beberapa hal yang harus diketahui saat menyiram tanaman sayur untuk memaksimalkan penyiraman dan menjaga sayuran tetap sehat. 

Baca juga: 6 Tanaman Sayur yang Tumbuh Subur di Tempat Teduh

Contohnya, menyiram bibit sayur berbeda dengan menyiram tanaman sayuran yang sudah mapan. Menyiram sayuran yang ditanam di tanah langsung berbeda dengan pot dan ground beds

Begitu pun, menyiram tanaman sayur pada pagi hari lebih baik daripada pada siang hari. Dengan memahami perbedaan-perbedaan ini, akan memaksimalkan efisiensi penyiraman Anda.

Selain itu, penting pula mengetahui kesalahan menyiram tanaman sayur yang dilakukan demi mencegah hal buruk pada sayuran, seperti layu dan tidak tumbuh alias mati.

Dilansir dari Better Homes and Gardens, Selasa (29/8/2023), berikut sejumlah kesalahan menyiram tanaman sayur yang harus dihindari. 

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Dapat Ditanam di Kebun Sayur

Bibit yang kekurangan atau kelebihan air 

Ilustrasi menyiram tanaman tomat. SHUTTERSTOCK/WERTINIO Ilustrasi menyiram tanaman tomat.

Karena baru saja mengembangkan akarnya, bibit yang baru ditanam dan masih muda membutuhkan pasokan ai stabil dan jangan biarkan mengering.

Siram persemaian dengan sedikit air setiap pagi dan periksa kembali pada malam hari. Jika kerak kering terbentuk di permukaan tanah, akan sulit bagi benih baru untuk berkecambah.

Apabila benih yang berkecambah mengering, benih bisa mati. Di sisi lain, jangan biarkan tanah menjadi terlalu basah karena penyiraman yang berlebihan pada persemaian dapat meningkatkan penyakit pada tanaman sayur, seperti damping off, yakni jamur yang membunuh bibit muda.

Kuncinya, menjaga kelembapan tanah merata, tidak basah, sampai tanaman muda mengembangkan akar yang sehat. 

Baca juga: 10 Tanaman Sayur yang Tumbuh Cepat, Bisa Hemat Pengeluaran

Tidak mengetahui seberapa sering menyiram kebun sayur 

Selanjutnya, kesalahan menyiram tanaman sayur adalah tidak mengetahui waktu penyiraman. Anda harus mengetahui seberapa sering menyiram kebun sayur yang sedang tumbuh aktif agar pertumbuhan tanaman berhasil.

Penyiraman ringan yang sering dapat menyuburkan tanaman sayur dalam jangka pendek, tetapi juga mendorong pertumbuhan akar yang dangkal.

Hal ini menyebabkan tanaman sayur cepat mengering saat permukaan tanah mengering, yang dapat terjadi dengan cepat pada hari panas dan cerah.

Lebih baik menyiram tanaman sayur lebih jarang, tetapi dalam-dalam dengan membiarkan air meresap ke bawah beberapa sentimeter di dalam tanah secara perlahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com